Kolaka TimurSerba-serbiSeremoni

Sulwan Aboenawas Kukuhkan 75 Pasukan Paskibra Koltim

KOLAKA TIMUR – Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulwan Abunawas melakukan pengukuhan terhadap Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945-2022 pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 77 Tahun di Kabupaten Kolaka Timur, Senin (15/8/2022) bertempat di Aula Pemda Koltim.

Sulwan Aboenawas memberikan ucapan selamat kepada 75 pasukan Paskibra yang baru saja ia kukuhkan.

“Selamat kepada ananda semua, yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai anggota Paskibra di Hari Ulang Tahun ke 77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Kolaka Timur tahun 2022,” paparnya.

Advertisement

Kata Sulwan, ikrar telah diucapkan, serta prosesi cium Bendera Merah Putih, satu hal yang perlu senantiasa ditanamkan bahwa jiwa nasionalisme, patriotisme, kepoloporan, serta kepemimpinan yang terbentuk, harus dijadikan sebagai
bagian dari kepribadian, dan senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai putra putri pilihan, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat di sekitar. Tumbuh kembangkanlah semangat membangun dan memajukan daerah melalui kontribusi-kontribusi positif dimasa depan,” pesan Sulwan.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh orang tua anggota Paskibra yang tanpa lelah senantiasa mendoakan, mendorong dan memotivasi anak-anaknya, sehingga mampu bertahan dalam alur proses seleksi dan latihan yang sangat berat.

Dikesempatan itu juga, ia menyampaikan apresiasi kepada para pembina, pembimbing, pelatih, dan panitia atas segala jerih payah serta kesabaran, dalam membimbing putra putri terbaik Kolaka Timur ini selama proses latihan berlangsung.

“Mudah-mudahan dengan jiwa kepemimpinan, kepeloporan, dan semangat bela negara yang telah ditanamkan selama proses latihan dapat tumbuh kuat, sehingga anak-anak ini dapat menjadi generasi emas untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur dimasa yang akan datang,” harapnya.

Untuk diketahui jumlah anggota Paskibra sebanyak 75 orang dari berbagai sekolah di Koltim, pelatih 10 orang yaitu 5 orang dari TNI dan 5 orang juga dari Polri.

Selanjutnya Sulwan juga menyampaikan ucapan terimah kasih kepada pihak sekolah atas dukungan yang telah diberikan kepada anak-anak anggota Paskibra diharapkan semoga mereka bisa menjadi teladan bagi siswa siswi lainnya.

“Anak-anakku sekalian yang saya banggakan, tanamkan dalam hati ananda semua, prisip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia, harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negara serta berusaha menjadi teladan yang baik dimanapun berada, jadikan semangat kebersamaan dan gotong royong sebagai kunci dalam membangun negeri khususnya daerah kita tercinta Kabupaten Kolaka Timur. Jadikan pula toleransi dan tolong menolong sebagai landasan untuk menjalin persaudaraan serta mempererat persatuan dan kesatuan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan pegukuhan pasukan Paskibra yakni, Sekda) Koltim Muh. Andi Iqbal Tongasa, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian (Kabag), Camat lingkup Pemda Koltim, Danramil 1412-01 Tirawuta, Kapolsek Tirawuta, Pembina, Pengasuh dan pelatih serta orang tua anggota Paskibra.

Laporan: Nalda Sabila

Back to top button