Kendari

Tak Henti Diguyur Hujan, Walikota: Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi

KENDARI – Hampir beberapa pekan terakhir hujan tak henti-hentinya mengguyur hampir seluruh wilayah di Kota Kendari mulai dari intensitas sedang hingga lebat yang akan menimbulkan debit air akan semakin bertambah, Sabtu (17/7/2021).

Maka dari itu Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta kepada seluruh masyarakat Kota Kendari agar lebih meningkatkan kewaspadaan akan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

Himbauan itu telah lebih awal di sampaikan kepada para kepala OPD, Camat dan lurah di wilayah Kota Kendari melalui surat nomor : 360/430/2021 dengan perihal himbauan kesiapsiagaan dan anitisipasi Bencana Hidrometeorologi.

“Ada beberapa potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi,”Ucap Sulkarnain

Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk dan mencermati kondisi cuaca Kota Kendari yang berpotensi mengakibatkan bencana alam Hidrometeorologi seperti Banjir dan Tanah Longsor.

Selain itu, untuk menindak lanjuti Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 1 Tanggal 31 Mei 2021 Tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana.

Dalam himbauan pada poin satu, Walikota Kendari menginstruksikan pada Camat dan Lurah agar mensosialisasikan daerah rawan bencana dan menghimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rawan banjir dan tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selanjutnya memastikan kesiapsiagaan masyarakat dengan melibatkan seluruh stakeholder kebencanaan termasuk relawan serta kelompok siaga bencana kelurahan.

Sulkarnain juga menyarankan agar menyimpan barang penting ketempat aman, membatasi diluar rumah dan serta tetap melakukan 3 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan mencuci tangan dengan sabun).

Laporan : Deri Periansyah

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id