Tanaman Tumbuh Warga Routa Diganti Rugi PT SCM, Harmin Ramba: Semoga Tidak Ada Lagi Konflik

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Koltim, Dr. Harmin Ramba, S.E., M.M saat berfose bersama pemilik tanaman tumbuh di Routa, Kabupaten Konawe.

KONAWE, Sultranews.co.id – Penyelesaian ganti rugi tanaman tumbuh milik warga di Kecamatan Routa oleh pihak PT Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) telah selesai dibayarkan, Senin (16/10/2023).

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan dengan diselesaikannya pembayaran ganti rugi ini diharapkan agar tidak ada lagi konflik-konflik yang menyebabkan tidak jalannya industri pertambangan di wilayah routa.

Ia menjelaskan pihaknya telah mengintruksikan kepada camat serta kepala desa agar terus menjaga kerukunan masyarakat dan menjaga keamanan investasi.

Harmin Ramba mengungkap penyelesaian pembayaran hari ini merupakan finalisasi dari permasalahan ganti rugi tanaman tumbuh yang selama ini terus bergejolak di wilayah IUP PT SCM.

“Kita harapkan sudah tidak ada lagi permasalahan yang timbul lagi setelah pembayaran ini,” jelasnya.

Ia membeberkan untuk ganti rugi tanaman tumbuh hari ini seluas 48 Hektare dengan jumlah total Rp 4,698 Miliar yang di bayarkan langsung tunai kepada masyarakat.

Harmin Ramba juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang menerima ganti rugi agar nantinya tidak adalagi orang-orang yang mengklaim lahan atau tanaman tumbuh yang telah dibayarkan.

Menanggapi hal tersebut salah satu warga mengungkap pihaknya menjamin setelah ganti rugi tanaman tumbuh ini tidak adalagi pihak-pihak yang mengklaim terkait tanaman tumbuh tersebut.

“Kalau ada yang mengklaim pertemuankan dengan kita, kita yang akan selesaikan itu,” tegasnya.

Sementara itu, pihak PT SCM saat dimintai keterangan terkait ganti rugi tidak memberikan komentar.

“Jangan kita yah, cukup dari Pemda saja keterangannya,” ujar Ikbal salah satu menager dari PT SCM sembari meninggalkan ruangan.

Kegiatan ganti rugi ini dihadiri oleh Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Perwira Penghubung Dandim 1417, Camat, Kepala Desa, Warga.

Baca Juga :  Harmin Ramba Kagum dan Puji PT SCM dalam Merawat Kelestarian Lingkungan

SN