Terus Ditingkatkan, Pemkab Koltim Pedomani RPJMD Sebagai Indikator Pembangunan Berkelanjutan

waktu baca 2 menit
Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis (kanan) bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Dr Agus Fatoni, M.Si (kiri) menargetkan pembangunan di Kolaka Timur dapat terus meningkat sesuai RPJMD. Foto: Ist.

KOLAKA TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menargetkan pembangunan dapat terus meningkat sesuai dengan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2024.

Diketahui target pembangunan tahun 2024 Pemkab Koltim sesuai RPJMD yaitu indeks pembangunan manusia mencapai 67,21 persen, angka usia harapan hidup mencapai 72.80 tahun, presentase peningkatan pembangunan infrastruktur mencapai 60 persen.

Indeks reformasi birokrasi mendapatkan nilai B, presentase penduduk miskin menurun hingga 13,10 persen, dan laju pertumbuhan ekonomi mampu mencapai 5.63 persen.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengungkap pihak pemerintah daerah telah melakukan kerja keras dalam mewujudkan program pembangunan dari semua pemangku kepentingan.

Azis menuturkan capaian indikator pembangunan pemerintah kabupaten Kolaka Timur yakni dari sisi perekonomian berhasil tumbuh sebesar 4,83 persen, indeks pembangunan manusia (IPM) mengalami peningkatan dari 67.02 persen naik menjadi 67,76 persen.

“Nilai IPM ini ditunjang dari beberapa faktor yakni angka harapan hidup 72,82 tahun, harapan lama sekolah 12.69 tahun, rata-rata lama sekolah 7,84 tahun, dan pengeluaran perkapita 7,753 Rupiah/kapita/tahun,” tambahnya.

Azis menambahkan jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dengan presentase 14.35 Persen.

“Saat ini kita di hadapkan pada penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah Kolaka Timur,” tambahnya.

Selain itu lanjut Azis tingkat pengangguran terbuka sebesar 3.44 persen dan produk domestik regional bruto (PDRB) perkapita atas dasar harga yang berlaku baik dari 37,23 persen menjadi 39,96 persen.

Azis berharap agar semua pihak terus berupaya untuk mencapai target-target pembangunan di tahun 2024 sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD.

Semetara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah Litbang Kolaka Timur, Mustakim Darwis mengatakan dalam upaya mencapai target-target pembangunan di tahun 2024 kita menyelenggarakan kegiatan Musrembang untuk membahas dan menyepakati usulan rencana pembangunan yang ada di Kolaka Timur.

Baca Juga :  Gerakan Pangan Murah, Pj Bupati Harmin Ramba Pimpin Operasi Pasar di Duriasi Konawe

“Dan menyepakati pengelompokan kegiatan pembangunan yang ada di Kolaka Timur berdasarkan fungsi perangkat daerah,” tambahnya.

Ia juga mengungkap tema pembangunan Kolaka Timur tahun 2024 yakni pembangunan berkelanjutan serta optimalisasi gerakan membangun dan melayani masyarakat.

“Tema ini merupakan intisari dari tagline pembangunan Kolaka Timur yaitu Gemas,” ungkapnya.

Laporan: Arlan