EkonomiKonawe

Tiga Program Unggulan Pemda Konawe di Tahun 2021, Masih Diprioritaskan

KONAWE – Tiga program unggulan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk tahun 2021 mendatang, masih diprioritaskan.

Ketiga program unggulan dalam menyukseskan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, dan Gusli Topan Sabara, adalah program sejuta ekor Sapi, program sejuta Kolam, dan program sejuta beras.

Hal itu tertuang dalam pelaksanaan kegiatan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daerah, tingkat Kabupaten Konawe, yang dihadiri dari desa dan kelurahan, kecamatan, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang berlangsung di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kamis (5/3/2020).

Advertisement

“Program visi misi bupati dan wakil bupati Konawe dalam rangka menyukseskan ketiga program unggulan itu, yang dimulai sejak tahun 2019 dan 2020 tahun ini, masih akan terus dilanjutkan sampai tahun 2021 mendatang,” jelas Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Kam

Tiga Program Unggulan Pemda Konawe di Tahun 2021, Masih Diprioritaskan
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara.

Sesuai tema diatas, Penguatan Infrastruktur wilayah dan potensi ekonomi lokal serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan prioritas pembangunan daerah, kata Gusli, tahun 2021 kita lebih ditekankan lagi untuk fokus pada lima aspek.

Aspek pertama, kata dia, adalah peningkatan kualitas SDM melalui pemerataan layanan dasar. Aspek kedua pembangunan insprastruktur jalan dan jembatan berserta sarana pendukungnya pada kawasan strategis serta revitalisasi Kota Unaaha.

Selanjutnya yang ketiga, perluasan stimulan bagi sumber daya ekonomi lokal pada bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan.

Kemudian yang ke empat adalah, peningkatan kinerja pelayanan birokrasi melalui pengintegrasian sistem teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Yang terakhir mendorong perluasan investasi dalam daerah untuk mendorong terbukanya ruang usaha bagi masyarakat.

“Melalui pelaksanaan forum SKPD Pra Musrenbang, dihadapkan dapat tercipta perencanaan yang kreatif dan inovatif dalam pembangunan disegala bidang prioritas, sehingga dapat menciptakan good governance didalam pelaksanaanya,” harapnya.

Tiga Program Unggulan Pemda Konawe di Tahun 2021, Masih Diprioritaskan
Kepala Bappeda Konawe, Ir. Munawar Taligana.

Sementara itu, Kepala Bappeda Konawe Munawar Taligana, ditemui diruang kerjanya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah antara perencanaan ditingakat desa dan kelurahan, perencanaan ditingakat SKPD, guna tercapainya keselarasan program dan kegiatan yang mendukung prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

“Secara substansial mempunyai fungsi yang sangat penting dan strategis khususnya dalam rangka efektifitas dan optimalisasi perencanaan pembangunan daerah, pencapaian tujuan, sasaran, program dalam pembangunan daerah dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kegiatan perencanaan perlu dilakukan secara cermat dengan dukungan data dan informasi yang akurat, untuk dapat menghasilkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sesuai visi misi bupati dan wakil bupati Konawe yang tertuang dalam RPJMD tahun 2018-2023, secara tepat sasaran dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Laporan: Jaspin

Back to top button