Tinjau Banjir di Desa Laloika Pondidaha, Pj Bupati Konawe Bakal Buat Kolam Retensi

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM saat momen wawancara di Lokasi Banjir di Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha Jumat (10/5/2024). Foto: Sultranews.co.id

KONAWE, Sultranews.co.id – Pejabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM, bersama Sekda Konawe Dr. Perdinand Sapan, SP. MH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konawe, Kepala Dinas BPBD Konawe, dan Kepala OPD lainya, Camat Pondidaha, Kades Laloika, meninjau banjir di Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) Jumat (10/5/2024).

Pj Bupati Konawe kepada awak media menuturkan, banjir diakibatkan meluapnya sungai kali Konaweha dari tanggul saluran irigasi.

Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Tamba, SE. MM didampingi Sekda Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP., MH saat meninjau banjir di Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Jumat (10/5/2024). Foto: Sultranews.co.id

Banjir tersebut kata Harmin Ramba sudah sering terjadi setiap musim penghujan.

“Desa ini berada di dua kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten, sehingga ini yang harus kita rapatkan secara teknis bersama Stakeholder terkait,” kata Harmin.

Untuk penanganan jangka pendek, Harmin Ramba berjanji akan membuat kolam retensi. Sehingga ke depan tidak ada lagi banjir yang menggenangi pemukiman warga.

Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Tamba, SE. MM bersama rombongan saat meninjau banjir di Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Jumat (10/5/2024). Foto: Sultranews.co.id

“Kita akan carikan lokasi yang sesuai untuk dibangunkan kolam retensi. Ini adalah solusi jangka pendek yang harus dikerjakan oleh pemerintah daerah,” janji Harmin Ramba.

Setelah meninjau lokasi dan membagikan bantuan sembako kepada 45 Kepala Keluarga terdampak bencana banjir, Harmin Ramba menyebut akan melakukan rapat bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe.

Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Tamba, SE. MM (tengah), Sekda Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP., MH, dan para Kepala OPD lainya, saat melakukan pertemuan bersama masyarakat Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Jumat (10/5/2024). Foto: Sultranews.co.id

Selain itu, Harmin juga bilang akan berkoordinasi dengan Dinas PU dan SDA Provinsi Sulawesi Tenggara serta pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari.

Baca Juga :  Harmin Ramba Kagum dan Puji PT SCM dalam Merawat Kelestarian Lingkungan

“Karena lokasi ini masuk dalam kewenangan pemerintah pusat dan kabupaten. Maka kami akan melakukan rapat teknis bersama bersama stakeholder terkait,” pungkasnya.

Laporan: Jaspin