KonawePolitik

Usai Upacara Hut RI, Bupati KSK Lantik 1.190 Anggota BPD

sultranews.net – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK), didampingi Wakil Bupati Konawe, Gusly Topan Sabara (GTS), melantik 1.190 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), masa jabatan 2019-2020, yang tersebar di 238 desa. Pelantikan itu berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Konawe, usai menggelar upacara perayaan HUT RI ke-74 tahun.

Dalam sambutanya, Kery mengatakan, dengan dilantiknya ribuan anggota BPD itu, diharapkan mampu menyelenggarakan pemerintahan di Desanya masing-masing, dalam rangka membantu Kepala Desa (Kades), agar tercipta pemerintahan yang baik, demi pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, BPD diharapkan mampu untuk melakukan terobosan-terobosan baru, didalam melahirkan peraturan-peraturan yang baik di desanya itu.

Dengan begitu, kata Kery, dengan lahirnya aturan yang dibuat oleh BPD desa, maka Kadesnya pun diharapkan bisa tunduk pada aturan tersebut. Sehingga kades tidak semena-mena dalam melakukan suatu keputusan sendiri, tanpa berlandaskan aturan yang sudah disepakati bersama.

“Tugas dan tanggung jawab BPD adalah membantu Kades didalam penyelenggaraan pemerintahan di desa. Sehingga Kades dan anggota BPD harus sejalan dan sepemahaman,” ucap Kery.

Untuk itu, melalui momentum hari kemerdekaan, Kery menyampaikan, bahwa tidak dapat dikatakan indonesia merdeka jika tidak ada yang namanya desa. Pejuang-pejuang yang telah gugur dimedan perang itu merupakan pahlawan yang berasal dari desa. Mereka berjuang mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Indonesia, karena keberanian serta kegigihan dalam bersatu padu melawan penjajah.

“Ibaratnya, tidak mungkin ada yang namanya kota, jika tidak ada desa. Karena dari desa sehingga menjadi kota. Hidup desa, Merdeka.. Merdeka.. Merdeka,”teriak Kery.

Laporan : Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id