Wakil Presiden Apresiasi Pemkab Konawe Raih Penghargaan UHC Award 2023

waktu baca 2 menit
Ketgam: Kepala Dinkes Konawe, drg Mawar Taligana saat menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award di Jakarta (14/3/2023). Foto: Istimewa.

KONAWE – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Maruf Amin mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award di Jakarta, pada Selasa (14/3/2023).

Hal itu dikatakan Maruf Amin dalam sambutannya, jika ia mengapresiasi upaya Pemkab Konawe dalam konsisten mendukung program jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Saya sangat mengapresiasi kepada pemkab konawe, terutama dalam mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah kedalam program JKN, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” kata Maruf Amin dihadapan para kepala daerah penerima UHC Award 2023.

Maruf menyebut, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam pelayanan kesehatan di Indonesia. Maka dari itu, pencapaian pemerintah daerah yang meraih penghargaan, Maruf mengharapkan dapat diikuti oleh pemerintah daerah yang belum pernah sama sekali menerima.

“Pesan kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sekaligus memastikan masyarakat menjadi peserta aktif dalam program jaminan kesehatan nasional,” pesannya.

Penghargaan itu diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, drg Mawar Taligana dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Penghargaan ini diberikan atas cakupan peserta program JKN minimal 95 persen dari total penduduk.

Di Sulawesi Tenggara, ada 10 kabupaten/kota yang menerima penghargaan serupa diantaranya Kolaka, Muna, Buton, Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, Kolaka Timur, dan Baubau.

Untuk diketahui, penghargaan ini juga turut diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

SN