Wali Kota Kendari : RAPI Memiliki Peran Penting Dalam Era Komunikasi Digital

waktu baca 2 menit
Wali Kota Kendari Sulkarnain saat hadir di acara Rakerwil pengurus RAPI, Minggu (7/2/2021) Foto. Kendarikota.go.id

Kendari – Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) masa bakti 2020 – 2024 mengelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) tahun 2021 di Gedung Pramuka, Minggu (07/02/2021).

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME selaku pembina organisasi RAPI hadir untuk memberikan arahan sekaligus menutup Rakerwil.
Kata Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME saat menutup kegiatan tersebut, hadirnya RAPI sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
“Atas nama Pemerintah Kota Kendari, saya mengapresiasi apa yang dilakukan RAPI, karena pola komunikasi kita beragam walaupun di tengah kemajuan teknologi, RAPI sangat dibutuhkan oleh masyarakat tidak hanya dalam suasana normal, apalagi dalam suasana kebencanaan. Kita tau model komunikasi digital rentan akan gangguan kalau fasilitasnya terggangu,” tutur Wali Kota Kendari.
Sebagai Pembina Organisasi RAPI Sulkarnain K, mengatakan, RAPI memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Menjadi garda terdepan melakukan edukasi ke masyarakat karena dengan majunya teknologi, orang bebas memberikan informasi. Sehingga dengan adanya RAPI, ini diharapkan masyarakat kita lebih beretika, sopan santun dalam menyampaikan informasi dan berita,” kata Sulkarnain K.
Lebih lanjut wali kota menambahkan, kantor wali kota akan digunakan sebagai central pelayan publik, sehingga kepengurusan akan berada berpusat pada satu tempat.
“Kantor wali jota ini milik publik, kita berencana di top floor di lantai 9, di sana akan saya tempatkan Dinas Kominfo untuk buat studio agar bisa di manfaatkan oleh organisasi – organisasi seperti RAPI, Orari dan sebagainya supaya kominikasi di seluruh Kota Kendari ini bisa tercover,” ungkap Wali Kota Kendari.
Sementara itu Ketua RAPI Wilayah Kota Kendari Entis Sutisna, mengatakan, RAPI telah memiliki program – program yang berkaitan dengan rencana Pemkot Kendari.
“Untuk RAPI sendiri kita siap berkolaborasi terutama tentang bencana. Saat ini kami perlu konsolidasi dengan anggota kami serta masyarakat,” Kata Ketua RAPI.
Lanjutnya dia menambahkan, dalam waktu dua minggu, RAPI akan berkonsolidasi dengan organisasi atau masyarakat yang ada kaitanya dengan amatir radio.
RAPI merupakan alternatif Komunikasi dalam lingkup wilayah Kota Kendari untuk menunjang informasi kebencanaan. (SN)