Warga Lamerui Routa Tuntut Ganti Rugi Lahan, DPRD Bersama Pemda dan Forkopimda Turun Lokasi

waktu baca 2 menit
Suasana Kunjungan Kerja Ketua DPRD Konawe bersama Komisi II dan Forkopimda di Desa Lalomerui Kecamatan Routa.

KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe bersama Pemerintah serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan kunjungan kerja di Desa Lalomerui, Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (24/6/2023).

Kunjungan kerja tersebut sebagai tindak lanjut atas rapat dengar pendapat (RDP) bersama masyarakat Desa Lalomerui dan PT SCM di Routa terkait tuntutan ganti rugi tanaman tumbuh yang pernah disepakati.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe Dr. H. Ardin, S.Sos.M.Si saat dijumpai di ruang kerjanya mengatakan kunjungan ke Routa dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi tanaman tumbuh milik warga di Desa Lalomerui.

Kemudian setelah memastikan hal itu, Komisi II DPRD bersama Forkopimda menyampaikan kepada pihak PT SCM untuk melakukan pembayaran ganti rugi.

“Kunjungan beberapa hari yang lalu adalah untuk melihat secara langsung kodisi tanaman kopi milik warga dan mencari solusi terbaik untuk warga dan perusahaan,” kata H.Ardin.

Politisi senior ini menjelaskan bahwa pihaknya bersama tim juga mengambil titik koordinat lahan tanaman kopi milik warga yang disaksikan oleh pihak perusahaan.

Pengambilan titik koordinat ini untuk menentukan luasan tanaman milik warga yang nantinya akan dibayarkan oleh perusahaan dalam hal ini PT SCM.

“Pemberian kompensasi atau ganti rugi tanaman ini sesuai kesepakatan pihak perusahaan dan masyarakat namun harus by data, datanya harus jelas,” jelasnya.

Komisi II DPRD Kabupaten Konawe dan tim Forkopimda berharap langkah tersebut dapat menjawab keluhan masyarakat Routa yang mengharapkan pembayaran ganti rugi tanaman tumbuh kopi milik mereka yang terdampak atas kehadiran PT SCM di Routa.

Kehadiran mega Industri di wilayah Kecamatan Routa merupakan berkah masyarakat Konawe khususnya Kecamatan Routa. Diketahui selama ini, Routa berada jauh di ujung Barat Kabupaten Konawe dan nyaris tak tersentuh tangan pemerintah.

Baca Juga :  Besok, Pj Bupati Konawe Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 

Setelah hadirnya PT. SCM, Kecamatan Routa kini menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Konawe dengan kontribusi pajak tertinggi. Kecamatan Routa kini juga menjadi rujukan para pencari kerja dan pebisnis ataupun pengusaha.

Maju dan berkembang itulah kondisi Kecamatan Routa saat ini, kemajuan ini tentu merupakan dampak positif hadirnya investasi di Routa namun alam dan lingkungan asrinya tetap harus dijaga agar kelak tidak mendatangkan bencana.

SN