Buton UtaraSerba-serbi

Wujudkan Generasi Qurani, Bupati Butur Resmi Buka MTQ Tingkat Kecamatan ke-VII

Buton Utara – Bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, Abu Hasan, secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan ke-VII, Rabu (5/2/2020).

Acara MTQ tingkat Kecamatan tahun ini, mengangkat tema ‘Bersama Membangun Generasi Quran Menuju Masyarakat Buton Utara Berbudaya, dan Religius’.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai sejak 4-6 Februari 2020. Jumlah peserta yang akan ikut sebanyak 119 kafilah dari enam Kecamatan,” ujar Abu Hasan, Rabu (5/2/2020).

Advertisement

Selama MTQ itu berlangsung, lanjut Abu Hasan, peserta akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia.

“Diantaranya perlombaan cabang seni baca al quran, qiraat al quran, hafiz al quran, tafsir al quran, fahm al quran, syarh al quran, seni kaligrafi al quran, dan karya tulis ilmiah,” terangnya.

Orang nomor satu di Butur ini, mengatakan MTQ yang digelarnya itu merupakan festival seni baca al quran yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, Provinsi, nasional, bahkan di tingkat internasional.

” Selama kegiatannya tidak hanya seni baca al quran, tetapi berbagai hal yang berkaitan dengan syiar Islam akan digelar. Dan yang penting terutama harus dimiliki generasi muda kita, mereka harus menjadi generasi qurani, mereka harus menjadi generasi penerus al quran, generasi muda kita harus mampu memfilter nilai-nilai al quran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Butur, Muhammad Saleh, menambahkan selain memetik prestasi di ajang tersebut, pihaknya berharap masyarakat Butur dapat merefleksi diri membangun akhlak dan martabat menuju Butur yang aman, berbudaya, dan religius.

“Saya atas nama kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang mendukung penuh pelaksanaan (MTQ), sehingga kegiatan bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan secara bersama-sama,” tutupnya.

Laporan. Shun Waode
Editor. Wayan Sukantao

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id