Peringati Hari Sumpah Pemuda, BINDA Sultra Gelar Vaksinasi di Sekolah

waktu baca 2 menit
Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Samaturu, mengikuti Vaksinasi yang dilaksanakan BINDA Sultra. Foto Ist

KOLAKA – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober hari ini, Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar vaksinasi COVID-19 secara serentak di Sultra.

Kepala BINDA Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, S.Sos mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di hari sumpah pemuda merupakan sebagai bentuk penghargaan Badan Intelijen Negara Daerah Sultra terhadap seluruh tenaga kesehatan yang terus berjuang ditengah Pandemi COVID-19 tanpa henti serta tidak mengenal lelah.

“Melalui momen ini, kami juga berharap dapat membangkitkan semangat pemuda dan masyarakat, untuk mengikuti vaksin demi mewujudkan Herd Immunity serta tercapainya Indonesia Sehat Indonesia Hebat,” ujar Kepala BINDA Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana.

Kata dia, penyelenggaraan vaksin kali ini, BINDA Sultra menargetkan sekitar 5.500 orang yang terdiri dari 3.500 orang pelajar dan 2.000 orang masyarakat umum.

“Ada 34 titik pelaksanaan vaksinasi hari ini, 17 titik berada di sekolah dengan sasaran pelajar, kemudian 17 titik di berbagai desa dengan sasaran masyarakat umum secara door to door atau jemput bola utamanya lansia,” jelasnya.

Untuk diketahui, Provinsi Sultra baru mencapai sekitar 33 persen pelaksanaan vaksinasi, sedangkan amanat Presiden RI, Joko Widodo, pada akhir tahun 2021 masyarakat yang sudah divaksin mencapai 70 persen.

“Pekerjaan yang tidak mudah, seluruh stake holder perlu mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19, semoga bisa tercapai 70 persen,” ujarnya.

Kepala BINDA Sultra mengajak masyarakat maupun pelajar untuk melakukan vaksin di gerai vaksin yang tersedia di wilayah masing-masing.

“Mari datang ke gerai vaksinasi yang tersedia di wilayah. Vaksin aman dan halal,” imbuh dia.

Salah seorang siswa SMAN 1 Samaturu, Alvin Jaya Saputra merasa senang dengan adanya vaksinasi yang dilaksanakan BINDA Sultra di
sekolahnya.

Baca Juga :  Konsorsium NGO Tuntut Pj Bupati Segera Sahkan SK ASN PPPK, Harmin Ramba: Jangan Paksa Saya Berbuat Salah

“Kami sangat senang adanya vaksinasi di sekolah. Sebab kami tidak perlu lagi mencari tempat gerai vaksinasi diluar sekolah,” ujar Alvin Jaya.

Kepala Sekolah SMA 1 Samaturu, Ustad Ahmad mengatakan, target awal pelaksanaan vaksinasi oleh BINDA di SMAN 1 Samaturu berkisar 150 siswa.

“Target kita itu 150 siswa, tapi ternyata yang mendaftarkan diri untuk ikut vaksinasi itu berkisar 250 siswa,” kata Ustad Ahmad.

Ustad Ahmad mengucapkan terimakasih kepada BINDA Sultra yang telah menyelenggarakan vaksinasi terhadap pelajar.

“Ini sangat bermanfaat sekali, mengingat proses belajar mengajar sebentar lagi dilaksanakan,” imbuhnya.