Tinjauan PELATARAN di Kantah Kabupaten Sidoarjo, Wamen Ossy: Upaya Peningkatan Layanan Pertanahan Kepada Masyarakat

waktu baca 2 menit
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan meninjau pelaksanaan Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) yang berlangsung di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sidoarjo, Selasa (14/1/2025). Foto ist

SIDOARJO, Sultranews.co.id – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan meninjau pelaksanaan Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) yang berlangsung di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sidoarjo, Selasa (14/1/2025).

Wamen Ossy Dermawan, ATR/BPN mengatakan, Kementerian ATR/BPN senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan adanya PELATARAN ini.

“Mohon maaf ya Bapak dan Ibu jika dalam pengurusan pelayanan kami ada kekurangan, kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kami,” ujar Ossy, saat kunjungannya di Kantor Pertanahan, Kabupaten Sidoarjo.

Ia Juga menyapa sekaligus menyerahkan produk layanan pertanahan kepada sejumlah masyarakat yang sedang mengakses layanan PELATARAN ini. Produk yang diserahkan diantaranya sertifikat dari layanan Roya dan peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik.

Ossy Dermawan, juga menyampaikan kepada masyarakat yang telah menerima (Sertifikat Roya) dalam hal ini sertifikat tanah apabila mau dipakai lagi, mohon dipakai untuk hal-hal yang sifatnya produktif.

Sementara itu Ratna Linawati (62) yang merupakan salah satu penerima layanan Roya. Pada Saat ditemui di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, usai menerima Sertifikat Royanya mengaku senang dengan pelayanan proses Roya yang begitu cepat di Kantah Kabupaten Sidoarjo.

“Sebelumnya proses penghapusan (Hak Tanggungan, red) dari Bank sudah saya lakukan. Lalu saya urus Roya ini. Baru tadi pagi saya daftar, langsung diproses dan langsung keluar sertifikat royanya,” Ujar Linawati.

Ia pun mengapresiasi adanya PELATARAN. Menurut Linawati, layanan ini sangat membantu masyarakat yang ingin mengurus tanah namun tidak punya waktu di hari kerja.

“Saya sudah diberitahu kalau ini juga buka di hari Sabtu dan Minggu, pelayanannya baik, cepat dan mempermudah. Sebagai seorang pekerja, ya rasanya enak ada layanan ini. Tidak mengambil jam kerja, tidak bingung memikirkan pekerjaanitu saya senang sekali,” Ujarnya.

Baca Juga :  Menyoal Dugaan Pencemaran Lingkungan PT TBS di Kabaena Bombana, Korum Sultra Gabungan Demo di DPRD Sultra

Sebagai informasi, Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo merupakan satu di antara 107 Kantor Pertanahan di 33 provinsi yang membuka layanan akhir pekan ini.

PELATARAN dibuka pada kantor yang memiliki rata-rata jumlah layanan di atas 2.000 berkas per bulan, sementara di Kabupaten Sidoarjo, jumlah rata-rata layanan yang diakses masyarakat mencapai 11.000 berkas setiap bulannya.

Laporan: Al maranai