AdvetorialKonaweSeremoni

Akibat Covid-19, Perayaan HUT Konawe ke – 61 Dilaksanakan Sederhana

UNAAHA – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang ke 61 tahun 2021 kali ini berbeda dengan tahun 2020 lalu.

Perayaan hari jadi Kabupaten Konawe pada tahun lalu itu, dirayakan dengan sangat meriah. Berbagai kegiatan dilaksanakan hingga sampai pameran pembangunan.

Tahun ini, perayaan HUT Konawe hanya dilakukan dengan sangat sederhana. Perayaannya cukup hanya melaksanakan syukuran di ruang kerja Bupati Konawe, Rabu (3/3/2021) sekira pukul 09.30 pagi tadi.

Ucapan HUT Konawe pun juga berdatangan dari berbagai kalangan. Baik itu dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diantaranya Bank BRI, sesuai pantaun Sultranew

Akibat Covid-19, Perayaan HUT Konawe ke - 61 Dilaksanakan Sederhana
Pemotongan kue tumpen HUT Konawe ke – 61 oleh Bupati Kery Saiful Konggoasa, didampingi istri Titin Nurbaya Saranani

Dalam kesempatan itu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, perlunya di tingkatkan komitmen Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai ujung tombak pemerintah daerah, yang dapat lebih berperan penting dalam rangka pembangunan daerah.

“Harapan saya kepada seluruh SKPD di wilayah kerja masing-masing, agar memiliki komitmen dalam merperkuat kemajuan daerah,”katanya.

Selain komitmen SKPD yang di sampaikan, Bupati Kery juga menyinggung terkait pertumbuhan ekonomi pemkab konawe yang masih stabil, di angka 6,42 persen sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020.

Diketahui, Produk domestik regional bruto (PDRB) merupakan jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah, yakni total perekonomian dalam satu wilayah.

Akibat Covid-19, Perayaan HUT Konawe ke - 61 Dilaksanakan Sederhana
Sambutan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, di HUT Konawe yang ke- 61

Penghitungan PDRB bertujuan untuk membantu membuat kebijakan daerah atau perencanaan, evaluasi hasil pembangunan, serta memberikan informasi yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian daerah. Semakin tinggi laju pertumbuhan PDRB, bisa dikatakan semakin baik tingkat perekonomian di wilayah tersebut.

Dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini, Kabupaten Konawe masih diperingkat teratas grafik laju pertumbuhan PDRB dari 17 kabupaten/kota se-Sultra pada tahun 2020. Trennya masih positif meski mengalami pelambatan akibat pandemi Covid-19. Pada tahun 2019, laju pertumbuhan PDRB Konawe berada pada posisi 11,84 persen dan menjadi 6,42 persen ditahun 2020.

“Memang semua daerah melambat karena Covid-19. Tapi di Konawe, laju PDRB masih positif. Padahal, hampir semua daerah di Sultra grafiknya mendekati nol bahkan ada yang negatif,” sebut Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

Akibat Covid-19, Perayaan HUT Konawe ke - 61 Dilaksanakan Sederhana
Suasana perayaan HUT Konawe yang ke-61 di ruang kerja Bupati Konawe

Bupati dua periode itu melanjutkan, strategi membangun yang diterapkannya di Konawe, yakni berdasarkan prinsip dasar pembangunan yang merujuk pada Undang-undang (UU) Otonomi Daerah.

Dimana kata dia, UU tersebut memiliki tiga semangat, yakni bagaimana meningkatkan pelayanan publik, daya saing daerah serta kemandirian daerah. Kery menyebut, kemandirian daerah tersebut salah satunya diukur dari sejauhmana otoritanya mampu menghadapi berbagai tantangan dan risiko yang kadang tak bisa diduga.

“Termasuk risiko Covid-19 ini ataupun bencana alam lainnya. Kita masih kuat. Masyarakat kita masih mampu dari segi daya beli. Sektor manufaktur kita juga masih mampu berproduksi. Itu bedanya kita di Konawe dengan daerah lain di Sultra,” tuturnya.

Dalam kegiatan HUT ke – 61 Konawe. di laksanakan dengan sederhana, dengan menerapkan standar protokol kesehatan dengan menjaga jarak serta menggunakan masker.

SN

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id