Bantu Ringankan Beban Warga Semeru Lumajang, HIPMI DIY Gelar Baksos

waktu baca 3 menit
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Peduli mengelar Kegiatan Bakti Sosial di Dusun Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, (05/02/2022).

JAWA TIMUR – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Peduli mengelar Kegiatan Bakti Sosial di Dusun Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, (05/02/2022).

Dalam kesempatan itu, Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI DIY melangsungkan pelepasan Relawan sekaligus Launching HIPMI DIY PEDULI dalam rangka menyalurkan bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur dengan menggandeng Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia (AII).

Pelepasan Relawan Semeru dipimpin Langsung oleh Sekum HIPMI DIY Ridho di Kantor BPD HIPMI DIY.

“BPD HIPMI DIY melalui unit sosial HIPMI PEDULI ingin berbagi bersama, khususnya kepada Korban bencana Erupsi,” ujar perwakilan pengurus HIPMI PEDULI, Afran Helmidamara.

“Kami ingin menghibur mereka dan memberikan manfaat agar kesedihan cepat berlalu dan bangkit,” tambah bang Jems, demikian ia disapa.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa hingga Jum’at, 02 – 04 Februari 2022, dengan kegiatan pembagian dan penyaluran bantuan berupa Paket Sembako, Alat pertanian, bantuan modal usaha serta bantuan berupa barang-barang dalam bentuk grosiran yang dibagikan langsung ke warung-warung dan toko Kelontong di sekitar Semeru.

“Ya, Alhamdulillah kami bisa berbagi menyalurkan kepada masyarakat yang patut dibantu akibat Erupsi Gunung Semeru kemaren,” kata Taufiq Hidayat selaku Koordinator HIPMI PEDULI DIY.

Sebagaimana diketahui, Erupsi yang terjadi kurang lebih 2 bulan lalu mengakibatkan banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan tempat tinggal, selain bantuan dalam bentuk tunai dan kebutuhan Pokok sehari-hari, hal yang yang paling dibutuhkan adalah Modal usaha dan pemulihan ekonomi untuk jangka panjang.

“Kita bisa liat banyak rumah rusak, warung, perkebunan rusak dan jalan yang kurang kondusif, oleh karena itu HIPMI DIY Peduli ingin meringankan dan membantu memulihkan Ekonomi Masyarakat,” jelas Opik panggilan akrabnya.

“Semoga dipercepat penuntasan pemulihan ekonomi, sehingga berjalan seperti sedia kala,” doanya.

Diketahui HIPMI adalah wadah kaderisasi bagi para pengusaha menjadi kader pengusaha lokal, daerah, nasional dan internasional. Salah satunya HIPMI Peduli.

“Kaderisasi lebih ke Silaturrahmi bersama, Semua bisa masuk HIPMI,” terang Helmi, Organisasi Kaderisasi Keanggotaan BPD D.I. Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Umum HIPMI DIY, Aditya Bima Santosa menambahkan, acara Penyaluran ini sebagai wujud nyata kehadiran HIPMI di tengah tengah Masyarakat dalam membantu memulihkan Ekonomi, kehadiran Relawan HIPMI PEDULI diharapkan mampu memberikan solusi dalam membangkitkan UMKM warga terdampak di sekitar Gunung Semeru.

“Semoga kehadiran HIPMI DIY dapat membantu dalam proses peningkatan perekonomian dan sosial warga sehingga nantinya Kehidupan warga dan Masyarakat semakin membaik dan gerakan ini bisa terus menerus sehingga tercipta kolaborasi jangka panjang dari stakeholder terkait untuk Kesejahteraan Masyarakat,” ujar Ketum HIPMI DIY.

Acara ini juga bersinergi antar HIPMI DIY, Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia, Lembaga AR Learning dan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara Yogyakarta (YPPN DIY).

Laporan: Mas Andre Hariyanto

Editor: Jaspin

Uploader: Sultan