BaubauKriminal

Basarnas Kendari Gelar Pelatihan Water Rescue

Tingkatkan Kemampuan Potensi SAR

sultranews.net – Basarnas Kendari menggelar pelatihan potensi SAR pertolongan di air (Water Rescue) yang berlangsung sejak 17-22 September 2019, di Vila Nirwana Resort Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari TNI, Polri, instansi pemerintah, dunia usaha dan organisasi masyarakat.

Kepala kantor Basarnas Kendari, Djunaedi, mengatakan latihan bersama water rescue dilaksanakan, untuk memberikan pembinaan terhadap potensi pencarian dan pertolongan dalam bentuk pelatihan teknik pertolongan di air

“Mereka dilatih untuk membentuk potensi pencarian dan pertolongan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknik-teknih pencarian dan pertolongan serta evakuasi di air,” ujar Djunaedi, Minggu (22/9/2019).

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini, mendapat materi MFR (Medical First Responden) dan pertolongan di air. Pada tahap akhir, setiap peserta akan melewati ujian materi sebagai puncak rangkaian pelatihan dihari terakhir.

“Dari 60 peserta hanya 59 orang saja yang dinyatakan lulus dan berhak mendapat sertifikat dari direktorat bina potensi Basarnas pusat. Namun untuk satu peserta yang belum lulus, tetap mendapat penilaian khusus berupa surat keterangan pernah mengikuti pelatihan water rescue,” kata Djunaedi.

Liputan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id