Bupati Koltim Bersama Istri Pamerkan Kain Motif Sorume di Sultra Tenun Karnaval

waktu baca 2 menit

KENDARI, Sultranews.co.id – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) Abd Azis, SH., MH bersama sang Istri, Hartini Azis, A.Ma, menampilkan kain motif “Sorume” di ajang Sultra Tenun Karnaval tahun 2023 yang di gelar di Kota Kendari, Sabtu (02/12/2023) tadi malam.

Bertemakan “Legenda Sultra” Bupati Azis bersama sang istri tampil memukau diatas panggung saat menampilkan khas tenun milik Kolaka Timur.

Pj. Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) D (HC) Andap Budhi Revianto, S.I.K,. M.H mengawali acara tersebut, yang berlangsung di depan Kantor Walikota Kendari.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Sultra, menyampaikan bahwa Sultra Tenun Karnaval adalah perayaan untuk memperingati Hari Tenun Indonesia yang telah diatur dalam Keputusan Presiden.

Dirinya menyoroti arti mendalam dari kain tenun, menyebutnya sebagai karya seni yang mencerminkan harmoni keberagaman, pengetahuan, budaya, kepercayaan, dan lingkungan hidup masyarakat Sulawesi Tenggara.

Andap Budi Revianto panggilan akrabnya juga menekankan bahwa kain tenun bukan hanya simbol keberagaman, melainkan juga potensi ekonomi yang tidak boleh meninggalkan budaya. Beliau menugaskan dinas terkait, termasuk bupati dan walikota, untuk memperbaiki data sebaran perajin tenun di Sultra guna mengoptimalkan potensi ekonomi.

Sebagai Pj. Gubernur dan Sekjen Kemenkumham RI, beliau memandang perlunya perlindungan terhadap tenun Sultra.

Langkah-langkah strategis yang disarankan melibatkan para bupati dan wali kota untuk mendaftarkan tenun, dengan merujuk pada data Kekayaan Intelektual Regional (KIR) yang mencatat 49 tenun, termasuk lima yang berpotensi besar: Tenun Moronene, Motif Ukiran Talulu, Motif Tenun Tolaki, Motif Tenun Kalo Sara, dan Motif Tenun Masalili Muna.

Sementara Bupati Koltim bersama istri, membuat para penonton bahkan para peserta terpukau saat mereka tampil memamerkan keindahan tenunan khas daerah motif Sorume.

Tak hanya itu, sejumlah model juga memeriahkan acara dengan peragaan busana yang mengusung motif Sorume.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, beserta istri.

SN