Dikepung Kabut Asap, Murid SD di Koltim Pakai Masker Saat Belajar

waktu baca 1 menit
Murid SD Simbune, Kecamatan Lalolae, Kabupaten Koltim, memakai masker saat belajar di kelas, Selasa (26/11/2019) (Foto. Istimewa)

sultranews.net – Murid Sekolah Dasar (SD) Simbune, Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), terpaksa harus menggunakan masker saat belajar di kelas, Selasa (26/11/2019).

Hal ini diakibatkan kabut asap yang terjadi di wilayah tersebut masih terjadi sampai hari ini hingga terus meluas.  Tidak hanya itu, dilaporkan sejumlah anak balita di daerah terdampak asap mulai terserang gangguan pernafasan.

Meski telah menggunakan masker, para murid itu tetap merasa terganggu dan tidak nyaman akibat asap yang masuk didalam ruang kelas.

Kepala Manggala Agni Daops Tinanggea, Yanuar Panca Kesum, mengatakan telah menurunkan satu regu dengan menggunakan perlengkapan alat pemadam kebakaran.

“Sampai saat ini regu yang kami terjunkan masih berusaha masuk kedalam area kebakaran lahan, untuk pemadaman. Namun bekum bisa kita pastikan titiknya sekarang ada dimana,” ujar Panca, Selasa (26/11/2019).

Panca menyebut kebakaran itu berasal dari sebuah perkebunan milik perusahaan PT Sari Asri Rezeki di Kelurahan Tinengi, Kecamatan Tinondo, Koltim.

“Regu masih berupaya melakukan pemadaman, jika dubutuhkan lagi kita akan tambah regu untuk diterjunkan ke lokasi untuk meminimalisir meluasnya kebakaran,” pungkasnya.

Laporan. Wayan Sukanta