Dinas PUPR Kolaka Timur Segera Aspal Jalan Lingkar Rate-Rate

waktu baca 1 menit

KOLAKA TIMUR, Sultranews.co.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), segera mengaspal jalan lingkar Rate-rate.

Hal itu diungkapkan langsung Bidang Binamarga Koltim saat di konfirmasi Selasa (17/10/2023) kemarin.

Menurutnya, jika jalan di sekeliling Pasar Rate-rate dan sekitarnya akan segera di aspal. Saat ini tengah dilakukan pengerjaan tahap awal.

“Proses pengaspalan ini terbagi menjadi dua paket. Yang pertama adalah paket preservasi, berfokus pada perbaikan kondisi aspal eksisting, yang meliputi sekeliling Pasar Rate-Rate,” ujarnya.

Paket tersebut, lanjut dia, merupakan rekonstruksi 1 km dan Overlay atau perbaikan aspal sepanjang 1,7 km.

“Saat ini progres pengerjaan sudah mencapai 22 persen,” katanya.

Lalu pajet kedua, yakni paket pengaspalan sepanjang 1 km yang berlokasi di ruas jalan dalam kota Rate-rate yg belum tersentuh pengaspalan, dimana progresnya saat ini telah mencapai 33 persen.

“Total anggarannya sesuai pagu adalah 6,5 Milyar Rupiah,”imbuhnya.

Ia berharap jika tidak ada kendala, kedua paket ini ditargetkan selesai di aspal pada akhir bulan Oktober.

Untuk diketahui, jalan lingkar kota Rate-rate sebelumnya sangat parah. Bahkan mengalami kerusakan yang cukup parah, banyak lubang, retak di beberapa titik.

Jika hujan turun, lumbang tersebut akan tertampung air. Kondisi itu, kadang membuat pengendara yang melalui dan warga sekitar dongkol dengan kondisi tersebut. (Kominfo)

SN