Dipimpin Harmin Ramba, Rombongan Pemkab Konawe Tanam Holtikultura di Desa Nario Indah

waktu baca 2 menit

KONAWE, Sultra News.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba melakukan kunjungan kerja ke Desa Nario Indah, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Selasa (20/2/2024).

Harmin Ramba panggilan akrabnya, hadir bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kehadirannya disambut langsung pemerintah setempat, para petani hingga pelajar.

Kunjugan Harmin melakukan aksi tanam bibit cabai serentak bersama para pejabat lainnya, petani dan pelajar. Ia juga melakukan panen cabai, jagung hingga bawang merah.

Harmin mengaku puas dengan kondisi perkebunan di yang ada di Nario Indah. Di sana ia juga mendapat penjelasan jika desa tersebut selama ini dikenal sebagai surganya tanaman hortikultura. Beragam jenis sayuran dan buah ada di wilayah itu.

Di Nario Indah, Harmin sempat mendapat masukan penting dari perwakilan petani. Ia diminta agar ketersediaan pupuk di toko-toko, dapat tersedia dengan baik. Harmin pun segera meminta dinas terkait untuk memperhatikan permintaan petani setempat.

Di hadapan warga, Harmin menerangkan terkait program hilirisasi pangan yang bakal ia jalankan ke depannya. Salah satu contohnya ialah hilirisasi padi.

“Kita selama ini kalau panen padi hasilnya ya beras saja. Ke depannya harus bisa jadi tepung dan produk ekonomis lainnya. Makanya ini yang akan kita bikinkan badan usahanya nanti,” jelasnya.

Harmin juga tak lupa menyampaikan gagasannya untuk menjadikan Konawe sebagai “Kota Padi.” Sejak dulu, Konawe sudah dikenal sebagai lumbung beras Sultra dan jadi penopang pangan bagi daerah lainnya.

“Konsep Konawe sebagai Kota Padi ini sudah melalui kajian-kajian. Sudah ada lampu hijau dari pusat. Tinggal kita sukseskan programnya,” terangnya.

SN