AdvetorialKonawe

Gelar Rapat Internal Covid 19, DPRD Konawe Desak Pemda Agar Segera Merancang Pergeseran APBD

KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kabupaten Konawe, menggelar rapat internal guna membahas langkah percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Senin (13/4/2020).

Dalam rapat tersebut, DPRD Konawe mendesak Pemda agar segera merancang pergeseran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sebelum perubahan APBD Tahun 2020.

Ketua DPRD Konawe H. Ardin melalui Wakil Ketua II Rusdianto menjelaskan, dalam rapat tersebut secara kelembagaan meminta kepada pemerintah daerah untuk segera membuat rancangan pergeseran APBD sebelum perubahan APBD tahun 2020.

Advertisement
Foto: Wakil ketua DPRD, Rusdianto

Kata dia, pergeseran APBD ini harus segera dilakukan dalam rangka penanganan dampak pandemi Corona ini.

“Tadi kami rapat internal. Saya diminta oleh pak ketua menyampaikan ke media apa yang sudah diputuskan,” kata Rusdianto kepada Sultranews.

Menurutnya, masyarakat saat ini diimbau untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus corona di Konawe dengan tetap berada di rumah. Sehingga DPRD Konawe memikirkan langkah penanggulangan dampaknya di masyarakat.

“Terkhusus dalam mengantisipasi dampak kerawanan pangan di masyarakat. Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Terkait formulasi pelaksanaannya, lanjut Rusdianto, DPRD akan membicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Gusli Topan Sabara.

Foto: Suasana Rapat Internal DPRD Konawe, membahas langkah penanggulangan dampak dari pandemi Corona, Senin (13/4/2020).

“DPRD akan mendukung Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk menangani dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini,” tegasnya.

Untuk pelaksanaan di lapangan sebut Rusdianto, DPRD akan turut mengawasi penanganan dampak Covid-19 untuk mencegah terjadi pemberian bantuan ke masyarakat yang tidak sesuai peruntukannya.

“Kita semua akan mengawasi pelaksanaannya, sehingga bantuan itu sampai kepada yang berhak menerima,” terangnya.

Terkait langkah antisipatif yang dilakukan Pemda Konawe dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Konawe, Politisi PDIP ini memberi apresiasi.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati (KSK-GTS) beserta jajarannya itu sudah maksimal. Sehingga penyebaran Virus Corona di Konawe dapat diminimalisasi.

Foto: Suasana Rapat Internal DPRD Konawe, membahas langkah penanggulangan dampak dari pandemi Corona, Senin (13/4/2020).

“Pak Bupati, Pak Wakil Bupati bersama Tim Gugus Tugas telah berbuat yang terbaik, ini tentu harus kita dukung. Semoga Pandemi ini cepat berlalu dan kita semua bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya.

Diketahui, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Ardin didampingi  oleh dua Wakil Ketua yakni Kadek Rai Sudiani (Wakil Ketua I) dan Rusdianto (Wakil Ketua II) serta dihadiri oleh 18 anggota. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id