Buton UtaraPemerintahanSerba-serbi

Hadiri Pesta Rakyat di Desa Sumampeno, Bupati Butur Disambut Tarian Pagelaran Seni Pencak Silat

BUTON UTARA – Bupati Buton Utara (Butur) Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. bersama Ketua TP-PKK Butur Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan, bersama rombongan menghadiri Pesta Rakyat di Desa Sumampeno, Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang bertempat di Balai Pertemuan Kantor Desa Sumampeno. Rabu, (17/11/2021) kemarin.

Dalam kunjungannya itu, Bupati bersama rombongan, disambut dengan tarian pagelaran seni pencak silat, yang diadakan Pemerintah Desa (Pemdes) Sumampena sebagai acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Sumampeno yang Ke 8 tahun

Usai menggelar pertunjukan, Bupati Ridwan Zakariah menerima sebilah golok sebagai simbol penghormatan bagi kepala daerah yang memimpin jalannya pemerintahan di wilayah tersebut, yang juga merupakan budaya desa setempat.

Advertisement

Dalam sambutannya Bupati Butur mengucapkan terima kasih kepada jajaran perangkat desa dan masyarakat Sumampeno yang telah bahu membahu menyukseskan kegiatan pesta rakyat tersebut. Semoga di momentum HUT Desa kedepan dapat dikemas lebih meriah lagi, dengan harapan pambangunan dan kesejahteraan masyarakatnya akan menjadi lebih baik lagi.

“Semoga perayaan acara seperti ini terus dipertahankan, karena acara ini merupakan salasatu warisan leluhur yang menjadi media perekat dan pemersatu, serta menjadi tempat silaturahim antara masyarakat dan pemerintah,” Ucap Ridwan Zakariah.

Bupati juga mengajak untuk tetap mempertahankan kegiatan sosial budaya yang masi relevan dengan dinamika kemasyarakatan saat ini, serta mengajak untuk meninggalkan budaya yang tidak lagi memberi manfaat, utamanya yang bertentangan dengan nilai akidah dan norma keagamaan yang ada.

“Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmat dan keberkahan kepada desa dan masyarakat, yang sampai saat ini tetap konsisten dalam menjaga keamanan serta kebersamaan dalam membangun Desa Sumampeno dan Wakorumba secara umum ke arah yang lebih baik lagi,” tutur Ridwan.

Menurutnya, kedepan Wakorumba Utara akan menjadi harapan baru bagi masa depan Butur. Karena apabila di Wakorumba ini dibangun smelter yang bergerak di bidang pertambangan dengan menghadirkan bahan tambang dari luar, maka sangat menjanjikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Diakhir sambutannya, dirinya meminta kepada warga desa, agar Sumampeno menjadi role mode, sebagai desa percontohan dalam mengelolah, menjaga serta melestarikan hutan demi keberlangsungan dan bekal masa depan anak cucu kelak.

Turut hadir dalam kegiatan itu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama jajaran antara lain Kadis Pertanian Ir. Yusuf, Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Muh. Said, SP., M.Si., Plt. Kadis Ketahanan Pangan Rohani Hasan, Camat Wakorumba Utara Laode Salama, Perangkat Desa Sumampeno dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Laporan : Al Iwal

Editor : Jaspin

Uploader : Risal

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id