KendariSerba-serbi

Hari Pahlawan, Seluruh Instansi Diminta Buat Baliho Gambar Pahlawan Asal Sultra

Kendari – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang mempersiapkan upacara peringatan Hari Pahlawan pada 10 November mendatang. Rapat persiapan dipimpin langsung Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sultra Basiran.

Rapat tersebut digelar di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis (5 November 2020) Basiran didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Pemprov Sultra Armunanto yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan OPD lingkup pemprov dan unsur TNI/Polri.

Dalam rapat itu, Basiran mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat wabah Covid-19 yang melanda. Tahun ini, peringatan hari pahlawan hanya diisi dengan dua kegiatan saja. Tema hari pahlawan taun ini adalah “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

“Kegiatan kita hanya dua. Pertama, upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kota Kendari. Kedua, Upacara Tabur Bunga di Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari,” jelas Basiran di hadapan peserta rapat.

Rencananya, Gubernur Sultra Ali Mazi akan menjadi inspektur upacara pada kegiatan ziarah di TMP Watubangga. Sedangkan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas diagendakan menjadi inspektur pada Upacara Tabur Bunga di Dermaga Lanal Kendari.

Nantinya, upacara dibuat sedemikian rupa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga undangan peserta sangat terbatas. Kedua upacara ini dilaksanakan pada tanggal 10 November, sehingga akan dilaksanakan gladi sehari sebelumnya, yakni pada tanggal 9 November 2020.

Seluruh lembaga pemerintahan maupun swasta (perusahaan) diminta untuk memasang baliho. Desain baliho akan disiapkan oleh Dinas Sosial Provinsi Sultra agar seragam. Rencananya, dalam desain itu akan menampilkan foto  pahlawan nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi atau Oputa Yii Koo (Sultan Buton XX dan XXIII).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

M. Ridwan Badallah, S.Pd, MM

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id