KendariKriminal

Medsos Mulai Rawan Jelang Pilkada, Polda Sultra Tingkatkan Patroli Siber

Kendari – Tim Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Res Krimsus) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), meningkatkan patroli di media sosial jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Patroli Siber itu ditingkatkan menyusul maraknya terjadi postingan yang berbau provokatif hingga SARA di medsos jelang Pilkada.

Dir Krimsus Polda Sultra Kombes Pol Heri Tri Maryadi mengatakan, pelanggaran kasus ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) jelang Pilkada di Medsos terjadi peningkatan.

“Saya rasa ada potensinya kenaikan terkait laporan masalah ITE di Medsos, semester kedua ini mungkin yang akan mengalami peningkatan berkaitan dengan Pilkada,” ujar Heri kepada sultranews.co.id saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Mengatasi hal itu, Heri akan meningkatkan kegiatan patroli siber di Medsos terhadap postingan-postingan yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan jelang Pilkada di Sultra.

“Dalam waktu dekat kita akan menggelar kegiatan terkait patroli siber dengan Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra. Membahas terkait memantau medsos yang berbau konten SARA untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan,” kata Heri.

Heri menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak secara hukum terhadap oknum jika kedapatan melakukan pelanggaran hukum terkait ITE yang dapat menimbulkan keamanan tidak kondusif.

“Kalau berkaitan kasus kejahatan seksual, pembunuhan, kekerasan anak itu akan kita take down kerja sama dengan Kominfo. Kalau berkaitan dengan ujaran kebencian, itu akan kita lacak dan kita tangkap pelakunya,” tegasnya.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id