KendariKesehatan

Heboh Virus Mematikan Asal China, Warga Sultra Diminta Waspada

KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menghimbau masyarakat waspada terhadap virus corona yang saat ini heboh di berbagai belahan dunia, Minggu (26/1/2020).

Meski virus mematikan itu belum terdeteksi penyebarannya ke wilayah Sultra, namun Dinkes Provinsi Sultra telah melakukan upaya pencegahan dengan bekerja sama dari berbagai instansi terkait.

“Kami telah menyiapkan langkah  untuk mencegah penularan corona virus. Pertama kami sudah melakukan kesiapsiagaan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Bandara dengan melakukan thermal scanner kepada setiap pelaku perjalanan TKA asal China,” ujar Kepala Dinkes Provinsi Sultra, Andi Hasna.

Advertisement

Terhadap rumah sakit, pihaknya juga telah e
memperkuat sistem surveilance kewaspadaan dini respon diseluruh Kabupaten/Kota terkait dengan potensial wabah.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang ditunjuk, yaitu RS Bahteramas untuk mempersiapkan segala sumber daya RS bila ada pasien yang terpapar,” kata Andi Hasna.

Deteksi dini yang dapat dilakukan, lanjut Andi Hasma, yaitu menjaga jarak dengan pasien yang sakit berhubungan dengan virus.

“Pencegahan juga dapat dilakukam dengan menggunakan masker, untuk menjaga udara yang terkontaminasi oleh virus,” pungkasnya.

Laporan. Wayan Sukanta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button