HUT ke-20 Lutim, PT Vale Kuatkan Sinergi dan Harmoni untuk Bumi Batara Guru Lebih Maju

waktu baca 4 menit

LUWU TIMUR – Kabupaten Luwu Timur memasuki usia yang ke-20 pada Rabu, 3 Mei 2023. Menyambut momen tersebut, CEO PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy berharap, perayaan hari jadi Luwu Timur menjadi momentum menguatkan harmoni yang sudah berjalan puluhan tahun demi kemajuan Bumi Batara Guru.

“Sebagai perusahaan yang mengawali operasinya di Luwu Timur, PT Vale Indonesia ikut bangga dan berbahagia telah menjadi bagian sejarah daerah ini. Ke depan, bersama pemerintah dan masyarakat, kita terus ciptakan harmoni, untuk peduli dan menginspirasi,” kata Febry lewat video pada puncak perayaan HUT Lutim di Bundaran Batara Guru, Rabu (03/05/2023).

Perayaan genapnya usia Kabupaten Luwu Timur ke 20 digelar dengan serangkaian kegiatan seperti Expo Desa, Jelajah Tiga Danau, dan hiburan musik dari band asal ibu kota, Kotak. PT Vale turut berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan stakeholder lainnya.

Expo Desa, diikuti 125 desa di Lutim. Seluruh perwakilan desa ini menampilkan hasil kerajinan, produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), hasil pertanian, hasil perkebunan dan beberapa produk dari masyarakat di stand-stand Desa. Expo ini berlangsung hingga 8 Mei mendatang, di sekitar RTH Bundaran Batara Guru.

Ketua Apdesi Lutim sekaligus Koordinator Expo Desa, Aswan Musa menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan PT Vale yang berkontribusi dan memeriahkan kegiatan Expo Desa.

“Terima kasih PT Vale senantiasa hadir memberikan dukungannya pada kegiatan Pemkab Luwu Timur, semoga dapat terus berkolaborasi,” tuturnya.

Direktur External Relations, Endra Kusuma yang hadir dalam kegiatan Pembukaan Expo Desa tanggal 3 Mei, ikut meninjau beberapa stand bersama dengan Forkopimda Luwu Timur, beliau menyampaikan komitmen PT Vale untuk terus berkolaborasi dalam mengembangkan potensi Desa di wilayah pemberdayaan PT Vale melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), kegiatan ini bisa memotivasi semua Desa untuk terus berkarya dan berinovasi.

Baca Juga :  Kejari Konawe Bakal Lakukan Monitoring di Proyek Pengaspalan Mataiwoi-Abuki

“Kami tentunya akan terus bersinergi dalam mengembangkan potensi Desa pada area pemberdayaan melalui PPM, untuk itu dibutuhkan dukungan Pemkab Luwu Timur untuk mewujudkan komitmen tersebut,” kata Endra.

HUT Lutim juga dimeriahkan dengan kegiatan Jelajah Tiga Danau, yang terselenggara atas kerja sama PT Vale, Indonesia Offroad Federation (IOF), dan Pemda Lutim. Jelajah Tiga Danau dikhususkan untuk pecinta otomotif dan terbagi dalam tiga kategori kegiatan: overland, extreme offroad, dan trail adventure.

Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mendorong peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata. Para peserta akan menikmati panorama tiga danau, yakni Danau Towuti, Danau Mahalona, dan Danau Matano dimulai 5-7 Mei 2023. PT Vale juga menyediakan hadiah menarik untuk para peserta.

Bupati Lutim, Budiman menjelaskan, di usia yang genap 20 tahun, Luwu Timur tumbuh dengan sejarah perjuangan, peningkatan ekonomi, wisata, dan kepekaan sosial yang kini dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Hal ini tak lepas dari kontribusi PT Vale Indonesia.

Pada kegiatan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Luwu Timur. Budiman menjabarkan, sektor penambangan masih menjadi yang tertinggi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Lutim dengan nilai Rp2,7 triliun disusul pertanian dan perkebunan sebesar Rp875,6 juta.

Pada 2022, dijelaskan Budiman, trend pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Timur pada tahun 2022 mengalami tren positif dari minus 1,39) bertumbuh menjadi 1,99 dengan pertumbuhan 3,38 poin dan menempati urutan ketiga pertumbuhan ekonomi terbaik di Sulawesi Selatan.

Capaian pendapatan perkapita rata-rata masyarakat Luwu Timur tahun 2022 sebesar 92,98 juta/jiwa dibanding tahun 2021 hanya sebesar 78,58 juta/jiwa. Itu artinya ada peningkatan rata-rata pendapatan masyarakat sekitar sekitar 14,4 poin. Angka tersebut membuat persentase tingkat kemiskinan menurun dari 6,94% menjadi 6,81%, atau berkurang sekitar 100 jiwa.

Baca Juga :  Jembatan Penghubung Antar Desa di Routa Konawe Rusak Parah, Lentera Sultra Soroti Penggunaan CSR PT SCM dan DD

“Alhamdulillah, APBD Kabupaten Luwu Timur selama periode tahun 2020-2023 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020 sebesar Rp1,4 Triliun, kini telah meningkat mencapai Rp1,7 Triliun lebih ditahun 2023. Capaian positif ini juga menempatkan Kabupaten Luwu Timur sebagai satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan APBD Award 2023 dan Peringkat V (lima) atas Realisasi Pendapatan Tertinggi, Belanja Daerah Tertinggi, dan Peningkatan PAD tertinggi APBD Tahun 2022 secara Nasional,”ungkap Budiman dalam Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke 20 Kabupaten Luwu Timur, Rabu (03/05/2023).

Bahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)RI juga memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk pengelolaan keuangan tahun 2021. Itu artinya sudah 10 kali BPK memberikan opini WTP terhadap kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada PT Vale serta seluruh masyarakat yang berkontribusi dan berkomitmen untuk membangun Luwu Timur. Termasuk yang kita nikmati sekarang, Ruang Terbuka Hijau Bundaran Batara Guru, dan beberapa fasilitas lainnya,” tutur Budiman.

SN