KesehatanKonawe Utara

Innalillahi, PDP Covid-19 Asal Konut Meninggal di RS Bahteramas

Kendari – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, kembali dikabarkan meninggal dunia saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Provinsi Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat (8/5/2020) pukul 08.10 Wita.

Pasien tersebut diketahui seorang pria berinisial AL umur 56 tahun berjenis kelamin pria, warga asal Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sultra, dr Rabiul Awal, mengatakan awalnya pasien AL masuk rumah sakit Bahteramas pada 24 April dengan keluhan sesak nafas, demam yang dialami selama 1 bulan.

Advertisement

“Keadaan umum pasien kondisinya lemah yang ditandai dengan GCS E : 3, V : 3, M : 6 Total : 12. Pasien lalu dimasukan ke ruang ICU untuk perawatan khusus. Pada 25 April-2 Mei, pasien dipindahkan ke ruang perawatan Laika Waraka Interna. Pada saat itu dilakukan pemeriksaan rapid test hasilnya negatif,” ujar dr Rabiul Awal, dalam keterangan persnya, Jumat (8/5/2020).

Pria yang juga akrab disapa dr Wayonk menambahkan, pemeriksaan rapid test kedua kembali dilakukan terhadap pasien pada 2 Mei dengan hasil reaktiv.

Selain itu, hasil pemeriksaan radiologi diketahui pasien juga mengalami peradangan pada paru-paru atau dalam istilah medis disebut dengan Bronchopneumonia Bilateral.

“Berdasarkan intruksi medis, pasien dipindahkan di ruang IGD Covid-19. Selanjutnya, pada 4 Mei dilakukan pengambilan Swab tenggorok untuk dikirim ke laboratorium Makassar namun hasilnya belum keluar,” kata dr Wayonk.

Setelah beberapa hari menjalani perawatan medis, pasien meninggal dunia pada Jumat (8/5/2020) pukul 08.10 Wita.

“Jenazah pasien telah dimakamkan pada pukul 11.00 Wita, di pekuburan umum Punggolaka yang prosesnya dilakukan sesuai dengan protocol Covid-19. Pemakaman itu sendiri dilaksanakan oleh tim pemakaman jenasah Covid-19 rumah sakit Bhayangkara dan Polda Sultra,” jelasnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id