Konawe SelatanNews

Jelang Pilkades Serentak, Polres Konsel Siagakan 295 Personil Polri, 30 TNI, Linmas 276

KONAWE SELATAN – Kepolisian Resort (Polres) Konawe Selatan (Konsel) menggelar apel pergeseran pasukan, dalam rangka pengamanan pemungutan dan perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 di wilayah hukum Polres Konsel, Jumat (20/5/2022) sore tadi.

Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo. S.H., S.I.K., M.Si bertindak selaku inspektur upacara dalam rangka apel pergeseran pasukan, turut hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Kompol M. Risal Sahril, S.H., S.I.K, Kabag Ops Kompol Reda Efranda, S.H.,S.I.K, Danramil Lainea Kapten Inf. Bahar, para Kabag, Kasat, Kasi, serta Kapolsek jajaran Polres Konsel.

Dalam sambutanya, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, mengarahkan serta menekankan kepada personil jika kegiatan apel itersebut sebagai bentuk kesiapan petugas keamanan dalam mengantisipasi dan mengamankan pilkades serentak kabupaten Konsel tahun 2022.

Advertisement

“Apel ini sebagai bentuk kesiapan petugas keamanan dalam mengantisipasi dan mengamankan pilkades serentak. Pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Konsel sudah melewati beberapa tahapan yang mana setiap tahapan penyelenggaraan pilkades berpotensi memunculkan kerawanan pelanggaran yang dapat berujung pada komplit sosial yang disebabkan oleh beberapa aspek, seperti profesionalitas penyelenggara yang tidak netral serta cenderung berpihak pada saah satu calon,” kata Wisnu.

Selain kecurangan, Wisnu Wibowo, panggilan akrab Kapolres Konsel itu juga mengungkapkan jika politik uang juga menjadi kerawanan, itu diakibatkan lemahnya tingkat pengawasan, intimidasi dan teror terhadap pendukung calon lain dan hal-hal lain yang bersipat teknis seperti kerusakan atau keterlambatan logistik pilkades serta gangguan lainnya.

Kegiatan upacara, dalam rangka apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 diwilkum Polres Konawe Selatan. Dokumen Humas Polres Konsel

“Pilkades serentak di Kabupaten Konsel ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2022 mendatang. Ada 86 desa yang tercatat ikut pilkades, diantaranya 17 desa berada di Wilkum Polresta Kendari dan 68 desa berada di Wilkum Polres Konsel. Ada 69 TPS di 20 kecamatan baik kepulauan maupun daratan, yang mana akan dilakukan pengamanan oleh personil Polri, TNI dan Linmas dengan total personil 295 dari Polri, 30 personil TNI dan linmas sebanyak 276 orang,” papar Kapolres.

Adapun pola pengamanan, lanjut AKBP Wisnu, yakni dengan pola TPS. Merutunya, sangat rawan jika 2 orang anggota polri mengamankan 1 TPS dan dibantu 2 otang linmas. Hal itu membutuhkan kerja sama yang sinergitas yang baik dengan stakholder lainnya agar tercipta pilkades yang aman tertib dan lancar.
Perkembangan situasi dilapangan agar dilaporkan secara berjenjang kepada wilayah/kapolsek untuk diteruskan kepada kabag ops dan kapolres serta pimpinan satuan atas.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat ini, ada beberapa penakanan saya untuk dipedomani gùna mendukung keberhasilan pelalsanaan pengamanan pilkades serentak tahun 2022 yaitu menjaga stamina dan kesehatan mental serta fisik selama pelaksanaan pengamanan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa. Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan penomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah langkah pemcegahan yang predektif,” Ujarnya.

“Laksanakan pengamanan secara prefesional dan humanis berikan pelayanan tetbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpunrekan rekan adalah wujud representasi negara ditengah tengah masyatakat. Lakukan koordinasi dan himbauan kepada para calon kades maupun tim sukses agar bersaing secara sehat dan menjunjung tinggi azas langsung, umum, bebas, rajasia, jujur, adil dan tidak akan terjadi kecurangan. para calon kades dan tim sukses agar mampu mengendalikan para pendukungnya untuk menjamin pelaksanaan pemilihan pilkadesberjalan lancar, tertib, aman dan nyaman. Pedomani protokol kesehatan secara ketat guna menghindari penyebaran covid-19. Mantapkan kerja sama, sinergi dan soloditas para pihak yang terlibat satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelalsanaan operasi,” tutupnya.

SN

Back to top button