Jumlah Positif Covid-19 Menigkat, Konsel Naikan Status Jadi KLB

waktu baca 2 menit
Ketgam : Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin (kedua dari kiri) bersama Forkopimda.

Konawe Selatan – Terus meningkatnya konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pemerintah daerah akhirnya memutuskan untuk menaikan status darurat menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Status tersebut diputuskan pada rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Konsel, Senin (18/5/2020).

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, mengatakan bahwa langkah tersebut diambil berdasarkan laporan tim gugus tugas, dimana terjadi kenaikan yang cukup signifikan dalam waktu satu bulan.

“Kita telah sepakat bersama Forkopimda¬† untuk menaikkan status darurat ini menjadi KLB,” ungkapnya.

“Data yang diperoleh dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Konsel, tercatat 6 warga Konsel positif Covid-19, 156 berstatus OTG, 16 ODP dan 1 PDP”, lanjutnya.

Dengan naiknya status menjadi KLB tersebut, lanjut Arsalim, Pemkab Konsel bersama TNI/Polri akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap orang yang hendak masuk atau keluar Konsel.

Selain itu, pihaknya mengaku tengah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah daratan Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mendapatkan satu keputusan yang tegas dan kompak agar pelaksanaan penanganan Covid-19 menjadi lebih efektif.

“Kalau sendiri-sendiri memang agak susah. Kita tutup, daerah lain buka kan percuma. Makanya kita perlu duduk bersama menyepakati hal terbaik dalam penanganan Covid-19 ini,” jelas mantan Kepala Bappeda Konsel ini.

Ditempat yang sama, Dandim 1417 Kendari Kolonel (Inf) Alamsyah, menegaskan pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan penanganan Covid-19 di Konsel.

“Pengawasan di posko penjagaan perbatasan kita perlu ditingkatkan, supaya bisa kita minimalisir transmisi lokal dari Covid-19 ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kajari Konsel, Apriliana Purba, Wakapolres Konsel, Kompol Selam, Sekda Konsel, Sjarif Sajang dan Kepala OPD Konsel serta sejumlah anggota tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Konsel. (B)

Laporan: Muh Abdillah (AD)