Jumlah Positif Covid-19 Menigkat, Konsel Naikan Status Jadi KLB

waktu baca 2 menit
Ketgam : Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin (kedua dari kiri) bersama Forkopimda.

Konawe Selatan – Terus meningkatnya konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pemerintah daerah akhirnya memutuskan untuk menaikan status darurat menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Status tersebut diputuskan pada rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Konsel, Senin (18/5/2020).

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, mengatakan bahwa langkah tersebut diambil berdasarkan laporan tim gugus tugas, dimana terjadi kenaikan yang cukup signifikan dalam waktu satu bulan.

“Kita telah sepakat bersama Forkopimda  untuk menaikkan status darurat ini menjadi KLB,” ungkapnya.

“Data yang diperoleh dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Konsel, tercatat 6 warga Konsel positif Covid-19, 156 berstatus OTG, 16 ODP dan 1 PDP”, lanjutnya.

Dengan naiknya status menjadi KLB tersebut, lanjut Arsalim, Pemkab Konsel bersama TNI/Polri akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap orang yang hendak masuk atau keluar Konsel.

Selain itu, pihaknya mengaku tengah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah daratan Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mendapatkan satu keputusan yang tegas dan kompak agar pelaksanaan penanganan Covid-19 menjadi lebih efektif.

“Kalau sendiri-sendiri memang agak susah. Kita tutup, daerah lain buka kan percuma. Makanya kita perlu duduk bersama menyepakati hal terbaik dalam penanganan Covid-19 ini,” jelas mantan Kepala Bappeda Konsel ini.

Ditempat yang sama, Dandim 1417 Kendari Kolonel (Inf) Alamsyah, menegaskan pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan penanganan Covid-19 di Konsel.

“Pengawasan di posko penjagaan perbatasan kita perlu ditingkatkan, supaya bisa kita minimalisir transmisi lokal dari Covid-19 ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kajari Konsel, Apriliana Purba, Wakapolres Konsel, Kompol Selam, Sekda Konsel, Sjarif Sajang dan Kepala OPD Konsel serta sejumlah anggota tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Konsel. (B)

Baca Juga :  PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

Laporan: Muh Abdillah (AD)