KendariKesehatan

Kadinkes Sultra : Jangan Hanya Corona yang Dipikirkan, Masih Banyak Penyakit Lain

Kendari – Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr Andi Hasna, terus gencar memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak panik terhadap isu virus corona, Senin, (9/3/2020).

“Sejak timbulnya wabah virus corona ini, ada beberapa kasus yang di curigai di Sulawesi Tenggara , dan Alhamdulillah dari hasil penyelidikan kami, dari 3 suspect yang di curigai positif corona, berdasarkan hasil laboratorium di nyatakan negatif,” ujar Hasna saat menggelar jumpa pers bersama awak media, Senin (9/3/2020).

Hasna menyebutkan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah pencegahan untuk kasus tersebut. Terkait viralnya isu virus Corona, jangan mudah terpengaruh sehingga menimbulkan kepanikan.

Advertisement

“Dinas Kesehatan sampai saat ini sudah berusaha untuk mencegah virus corona agar masyarakat Sultra tidak ada yang positif. Masyarakat Juga jangan cuma virus corona yang di pikirkan, karena masih banyak penyakit” lain yang juga dapat menimbulkan kematian, seperti DBD yang saat ini sudah mulai ada,” ucapnya.

Dia mengatakan virus corona tidak perlu ditakuti, namun harus diwaspadai dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya yaitu dengan membiasakan diri cuci tangan.

“Tentunya perlu kita waspadai, tapi tidak perlu panik, Karena penyakit ini dapat kita cegah. Ada dua faktor yaitu pertama jangan terlalu takut, karena kerakutan dapat menurunkan daya tahan tubuh kita yang akan memudahkan tertularnya virus corona. Kedua yaitu mewaspadai cara penularan virus ini dengan kita selalu membersihakan tangan setiap saat dan tidak menyentuh muka dan makan sebelum cuci tangan,” tandasnya.

Laporan. Abul Musafar
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id