Koltim Terima Penghargaan Universal Health Coverage, Ini Kata Bupati Azis

waktu baca 2 menit
Plt Bupati Koltim, saat menghadiri penyerahan penghargaan

KOLAKA TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mendapat penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin atas cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang mencapai lebih dari 95 persen, Selasa (14/3/2023), bertempat di Balai Sudirman – Jakarta.

Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan program strategis nasional yang mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Indonesia menargetkan 98 persen penduduknya terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024 sesuai Inpres Nomor 1/2022.

Penghargaan diberikan langsung Wapres didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan turut hadir mendampingi Wapres.

Adanya penghargaan ini membuktikan bahwa Bupati Kolaka Timur memberi perhatian yang serius terhadap layanan kesehatan masyarakat sebagai wujud dari visi misi Kolaka Timur 2021 – 2026.

Kepala Dinas Kesehatan Barwik Sirait, saat di konfirmasi melalui telepon seluler menuturkan dengan tercapainya UHC di Kolaka Timur ini membuktikan bahwa Pemda terus membenahi pelayanan kesehatan yang ada.

“Saat ini tantangan terbesar adalah bagaimana menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas, yang dekat dengan masyarakat secara terpadu promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif,” tambahnya.

Ia juga mengatakan untuk mencapai ini masih diperlukan upaya peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, jumlah dan kualitas nakes, serta penguatan manajemen baik di puskesmas maupun RSUD.

Ia juga menjelaskan hal yang paling penting saat ini adalah penyediaan RSUD kelas C yang belum bisa terwujud, Padahal apabila RSUD kelas c ini ada di Kolaka Timur, maka rujukan pasien bisa semakin berkurang.

“Malah nilai ekonominya akan lebih banyak diperoleh masyarakat dan Pemda Kolaka Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, berharap agar seluruh lapisan masyarakat Kolaka Timur agar selalu memperhatikan kesehatannya, terlebih layanan kesehatan saat ini lebih dimudahkan.

Baca Juga :  Dipuncak HUT Konawe ke 64, Pj Bupati Harmin Ramba Pertegas Konawe Sebagai 'Kota Padi'

“Minimal sekali sebulan berkunjung ke puskesmas atau sekarang ini kita sudah melaksanakan posyandu prima di setiap desa yang diprogramkan setiap bulan,” pintanya.

Azis juga menjelaskan agar tingkat pelayanan kesehatan di Kolaka Timur dapat terus dipertahankan atau ditingkatkan lagi.

Laporan: Arlan