ButonEkonomi

Komitmen Ali Mazi Ingin Jadikan Aspal Buton Terbaik di Dunia

Buton – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, saat ini terus berupaya untuk menggenjot promosi aspal Buton agar tetap jadi yang terbaik secara nasional hingga ke internasional.

Terkait hal itu, hasil pembicaraan melalui konferensi video dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves RI) Luhut Binsar Panjaitan, pada 19 Januari 2021, satu tim dari Kemenko Marves telah ditugaskan oleh Menko Luhut menuju Kabupaten Buton untuk melihat persiapan dan kesiapan para pihak, terkait stok dan fasilitas pengapalan Asbuton untuk digunakan dalam Proyek 1.000 Kilometer Jalan Nasional.

Tim Kemenko Marves akan diterima langsung oleh Gubernur Ali Mazi di Bandara Betoambari, Kota Baubau, sebelum menuju Lawele untuk meninjau kesiapan Asbuton di lokasi penyimpanan PT. Wijaya Karya Bitumen dan PT. Kartika Prima Abadi. Kedua perusahaan inilah yang menjamin ketersediaan Asbuton untuk digunakan sebagai bahan utama pelapisan Jalan Nasional. Kedua perusahaan ini telah menyatakan siap memenuhi tonase Asbuton yang diperlukan.

Peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Nambo di Nambo, dan Pelabuhan Banabungi di Pasarwajo. Kedua pelabuhan ini berstatus Pelabuhan Penggunaan Khusus yang akan digunakan sebagai pelabuhan utama pengapalan dan pengiriman Asbuton ke sejumlah lokasi proyek Jalan Nasional.

Seluruh data yang diperoleh Tim Kemenko Marves kemudian akan dibicarakan dalam rapat interim antara Tim Kemenko Marves, Perusahaan Pengolahan Asbuton, Pemprov Sultra, dan Pemkab Buton, di Rumah Jabatan Bupati Buton.

Isu teknis dalam rapat interim itu nantinya juga tidak akan disampaikan dalam laporan kejubiran ini, namun secara garis besar rapat interim akan membahas seluruh hal teknis mengenai ketepatan waktu Asbuton tiba di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi pilot proyek Jalan Nasional sepanjang 1000 KM, yang direncanakan dimulai Maret 2021.

“Sengaja saya terlibat langsung untuk melihat dan mengawal seluruh prosesnya, agar semua pihak dapat bekerja secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Sebagai satu-satunya aspal alam di Indonesia, sekaligus bermutu terbaik, dan memiliki deposit aspal alam terbesar ke tiga di dunia, Asbuton ini salah satu kebanggaan Sulawesi Tenggara. Harus sama-sama kita dukung dan promosikan,” kata Gubernur Ali Mazi. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id