Buton UtaraPemerintahan

Launching Digital Island 100 Persen Fiber di Butur

Buton Utara – Launching Digital Island 100 Persen Fiber di Butur yang dilaksanakan di Aula Bappeda Butur, Sabtu, 27 November 2021.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan kerja sama Pemkab Butur bersama PT. Telkom Indonesia Wintel Sultra.

Bupati Butur dalam sambutanya mengatakan, secara rinci, layanan Indi Home merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet. Layanan tersebut memiliki
kelebihan dibanding jaringan Coax atau ADSL dengan kekuatan maksimum yang hanya mencapai 5mbps. Kekuatan jaringan IndiHome dengan Fiber Optic lebih stabil, mampu mencapai kecepatan 150 mbps serta
lebih handal dari gangguan cuaca buruk.

Advertisement

“Secara topografi, wilayah kabupaten Buton Utara sebagian besar dibentangi oleh
pegunungan dan pesisir laut sehingga konektivitas jaringan masih tergolong sulit.
Walau demikian, hadirnya layanan jaringan internet dengan fiber optik ini diharapkan mampu mengatasi kendala tersebut dengan beberapa keunggulan,” ujarnya.

Meski belum menyeluruh, kata Ridwan, Pemerintah Daerah Buton Utara akan terus bekerjasama dengan pihak Telkom sampai seluruh wilayah bisa terkoneksi dengan fiber optic sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat.

Seiring dengan kemajuan zaman yang pesat, kebutuhan masyarakat semakin lama semakin meningkat terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi,
sehingga mendorong masyarakat untuk meningkatkan intensitas penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi informasi dan komunikasi
yang pada awalnya sangat terbatas dalam menunjang kebutuhan sehari-hari, saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan atau telah menjadi kebutuhan hidup.

Sementara itu, GM Telkom area Sultra Feronica dalam sambutanya mengatakan, launching digital island 100 persen fiber optik merupakan sebuah kebanggaan PT Telkom Indonesia khususnya wilayah Sultra yang telah berhasil tersambung di Butur.

“Ini bukan waktu yang pendek, nanti kepemimpinan Bupati Butur Ridwan Zakariah dan Wakil Bupati Butur Ahali akhirnya bisa terwujud, sehingga hari ini kita bisa mengadakan launching digital island 100 persen fiber optik. Karena ada wilayah kabupaten/kota lainnya yang belum 100 persen fiber optik,” katanya.

Ia menjelaskan, fiber optik adalah salah satu technology infrastruktur Telkom yang paling handal. Selin itu, lanjutnya, memilki kebel laut dan stelit.

“Kalau Telkom memiliki jalur laut, udara dan darat. Laut kita punya kabel laut, kalu darat kita punya fiber optik dan radio, kalau udara punya satelit. Jadi Telkom dimana saja bisa, memberikan layanan power full,” jelasnya.

Feronica menambahkan, salah satu motivasi memperjuangkan Buton Utara adalah untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

“Melayani masyarakat, juga sebagai infotainment, mendorong percepatan roda ekonomi serta mendorong peningkatan akses Pendidikan, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat di Buton Utara. Telkom dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Buton Utara dan menjadi amal jariah bagi seluruh stakeholder, PT. Telkom maupun Pemerintah Kabupaten Buton Utara,” tandas Feronica.

Diketahi, launching tersebut dihadiri Bupati Butur, Dr. Muh Ridwan Zakariah, Wakil Bupati Butur Ahali, Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim, Wakil ketua II DPRD Butur Sujono, unsur Forkopimda Butur, General Manajer Telkom Witel Sultra Feronica dan undangan lainya.

Laporan : Al Iwal

Uploader : Risal

Back to top button