KendariPolitik

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso: Pemuda Sultra Harus Pandai Pilih Partai

KENDARI – Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso, mengingatkan pemuda untuk pandai-pandai dalam memilih partai politik jika ingin berkarir dalam dunia perpolitikan.

Hal tersebut disampaikan Sutiyoso pada momen peringatan Sumpah Pemuda yang digelar di Warung Kopi Ana Wonua pada Kamis (28/10/2021).

“Politik itu memang unik yah, tidak semua orang juga bisa mendalaminya. Tetapi kalau mau kesitu silahkan, karena politik kita itu diatur oleh partai politik, jadi tidak ada pilihan lain kecuali masuk parpol yang dianggap murni mempunyai visi misi yang jelas untuk merubah Indonesia ” ungkap Sutiyoso.

Advertisement

Selain visi misi yang jelas, kata Sutiyoso, hal lain yang perlu untuk diperhatikan yaitu tokohnya yang tidak terlibat dalam korupsi, serta memilih partai yang menjanjikan untuk masa depan bangsa Indonesia.

Ditegaskannya, agar pemuda yang ingin menjajaki dunia politik terlebih dahulu mapan secara finansial.

“Kalau mau masuk bidang politik yah sebaiknya setelah mempunyai kehidupan yang mapan, baru kita berpolitik. Sebaiknya seperti itu” jelasnya.

Dalam memilih pemimpin, mantan gubernur dua periode itu juga turut memberikan beberapa tips untuk memilih pemimpin yang tepat.

“Pilihlah pemimpin yang jelas punya rekam jejak, pernah jadi apa dan melakukan apa, ada beban masalalunya tidak, seperti korupsi, nepotisme, pelanggaran HAM, jadi kita memilih pemimpin harus yang benar-benar yang clear” pungkasnya.

Laporan : Muhammad Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id