Mtq Ke-28 Sultra Resmi Ditutup, Kolaka Raih Juara Umum

waktu baca 2 menit
Gubernur Sultra, Ali Mazi

Kendari – Setelah berlangsung lima hari, MTQ ke XXVIII Sulawesi Tenggara (Sultra) ditutup secara resmi oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH., pada Jumat 25 September 2020, di Ruang Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra.

Penutupan ini diikuti oleh Sekda Prov. Sultra Nur Endang Abbas, jajaran Forkopimda Sultra, dan dihadiri secara virtual oleh seluruh Bupati/Walikota serta kafilah dari 17 kab/kota se-Sultra.

V-MTQ yang digawangi Biro Kesra Setprov Sultra, ini berlangsung sukses dan lancar. Menurut Ketua Dewan Hakim, KH. Mursyidin, M.HI., V-MTQ 2020 telah menghasilkan sejumlah qori/qoriah unggulan yang layak mewakili Sultra di ajang serupa di tingkat Nasional dan International.

Baik hasil dan metode yang diterapkan, Gubernur Ali Mazi puas dengan pelaksanaannya. V-MTQ Sultra 2020 membawa perubahan terkait pelaksanaan kegiatan yang lebih efisien dan efektif, namun tetap menunjukkan hasil memuaskan.

Semua pihak di Indonesia telah mendengar mengenai metode pelaksanaan V-MTQ yang diakui baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia oleh Sultra.

“Inovasi ini jelas membanggakan dan memberi wajah baru untuk penyelenggaraan sejenis di masa datang,” kata Gubernur Ali Mazi sambil tersenyum.

Gubernur Ali Mazi mengucapkan selamat kepada para peserta yang memperoleh hasil terbaik pada ajang MTQ kali ini.

“MTQ tidak hanya sekedar lomba meraih prestasi, lebih dari itu kegiatan ini merupakan sarana ibadah serta syiar dalam mengamalkan ajaran Al Qur’an,” tambah Gubernur Ali Mazi.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, Fesal Musaad mengatakan bahwa MTQ adalah wahana persaudaraan, wadah silahturahim bagi seluruh putra daerah Sultra yang selalu menginginkan kedamaian dan kerukunan.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim, ditetapkan kafilah yang masuk dalam peringkat 10 besar pada V-MTQ ke-XXVIII Prov. Sultra, dengan Kabupaten Kolaka berhasil menjadi Juara Umum dengan perolehan medali sebanyak 17 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Diurutan kedua, Kota Kendari (5 emas, 7 perak dan 7 perunggu), dan di urutan ketiga Kabupaten Konawe Selatan (6 emas, 6 perak dan 4 perunggu). Berikutnya, disusul kab. Muna, kab. Kolut, kota Baubau, kab. Bombana, kab. Koltim, kab. Busel, dan kab. Buteng.

Secara resmi, penutupan V-MTQ ke-XXVIII Prov. Sultra tahun 2020, dilakukan dengan rampakan gendang oleh Gubernur Ali Mazi, Kabinda Brigjen TNI Aminullah, dan Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad. (SN)