KendariKriminal

Museum Sultra Dibobol Maling, Puluhan Pusaka Kerajaan Hilang Dicuri

Kendari – Puluhan benda-benda pusaka bersejarah koleksi Museum yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), raib digasak pencuri.

Kapolsek Baruga, AKP I Gusti Komang Sulastra mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari pengurus Museum dan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Berdasarkan keterangan pelapor, bahwa benda-benda bersejarah yang hilang di Museum itu ada berbagai macam jenisnya. Mulai dari perabotan peninggalan kerajaan, benda pusaka seperti keris dan samurai peninggalan Jepang,” ujar Gusti kepada sultranews.co.id Rabu (27/1/2021).

Gusti menerangkan, saat dilakukan olah TKP diduga pelaku yang melakukan pencurian di Museum itu dengan cara merusak gembok menggunakan alat.

“Kalau kita lihat di lokasi, kami temukan ada sebuah gembok pintu yang sudah dalam kondisi rusak. Kuat dugaan pintu itu dibobol dengan alat khusus agar bisa terbuka,” terangnya.

Dalam kasus itu, lanjut Gusti, diduga sudah terjadi sejak beberapa hari lalu namun baru diketahui oleh pihak pengurus Museum. Sebab, dilihat dari kondisi rusaknya pintu dalam ruangan yang sudah acak-acakan, jejaknya sudah seperti bukan baru.

“Dugaan kita bahwa ini sudah kejadian beberapa hari sebelumnya dan baru diketahui pada sekitar Senin kemarin,” katanya.

Guna proses penyelidikian, aparat Polsek Baruga yang menangani kasus itu telah memeriksa beberapa orang saksi-saksi dan pengurus pada Museum tersebut.

“Kasus ini masih dalam proses penyelidikan, kita terus dalami dan mengumpulkan bahan keterangan untuk mengungkap pencurian yang terjadi di Museum tersebut,” jelas Gusti.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id