KendariPeristiwa

Nyoblos 9 Desember, Mahasiswa di Kendari Ramai-ramai Pulang Kampung

Pilkada Serentak 2020

Kendari – Beberapa pelabuhan kapal feri dan cepat yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mulai diserbu oleh para mahasiswa yang akan pulang kampung untuk menyalurkan hak suaranya di daerahnya masing-masing, pada Pilkada serentak 2020.

Jumlah mahasiswa yang mudik Pilkada tahun ini mengalami peningkatan, khususnya di pelabuhan Nusantara Kendari tujuan Raha, Kabupaten Muna. Dalam pantauan sultranews.co.id ratusan penumpang kapal feri maupun cepat saling berdesakan agar bisa pulang kampung.

Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3), AKP Jacub Kamaru mengatakan, sebagian besar penumpang kapal tujuan Muna merupakan warga yang akan menyalurkan hak suaranya pada 9 Desember nanti.

“Mereka semua yang mudik ini sebagian besar adalah mau mencoblos pada 9 Desember. Terjadinya peningkatan penumpang ini terjadi sejak Minggu (6/12/2020) dan puncaknya hari ini,” ujar Jacub kepada sultranews.co.id Senin (7/12/2020).

Jacub menerangkan, peningkatan penumpang itu hampir terjadi pada semua pelabuhan di Kendari dengan tujuan ke daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

“Yang paling banyak ini dari pemantauan kami yaitu Muna, kedua Wawonii dan Wakatobi. Kepadatan terjadi pada kapal dengan keberangkatan pagi, siang maupun malam hari,” jelasnya.

Terkait hal itu, lanjut Jacub, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan secara ketat di beberapa pelabuhan kapal dengan tujuan daerah Pilkada serentak.

“Kita beberapa hari ini terus melakukan pengawasan secara ketat baik penumpang maupun barang bawaannya itu kita periksa. Selain itu, tidak lupa juga kita imbau kepada seluruh penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker,” pungkasnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id