HeadlineKendariKriminal

Parah! Oknum Disdukcapil Diduga Disuap Untuk Terbitkan KTP Palsu Mr Wang

Kendari – Penyelidikan kasus dugaan pemalsuan KTP yang dilakukan oleh Warga Negara Asing (WNA) asal China, Mr Wang, terus berlanjut di Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (18/5/2020).

Terungkap, dalam penyelidikan kasus tersebut oknum pegawai Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dis Dukcapil) Kota Kendari, mengaku bahwa KTP tersebut dibuat atas pesanan istri Mr Wang.

“Oknum pegawai Disdukcapil ini kita sudah periksa dan dia mengaku disuap oleh istri Mr Wang dalam pembuatan KTP tersebut,” ujar Dir Res Krimum Polda Sultra, Kombes La Ode Aries El Fatar saat ditemui Sultra News, pada Senin (18/5/2020).

Baca Juga :  Gubernur Sultra Minta Polisi Segera Tangkap WN China yang Palsukan KTP

Dalam hasil pemeriksaan tersebut, lanjut Aries, pembuatan KTP oleh terlapor untuk keperluan akta kelahiran calon anak yang sedang dalam kandugan istri Mr Wang.

“Keterangan saksi yang kita periksa seperti itu, namun tetap kita akan telusuri apakah KTP yang dibuat Mr Wang itu diguanakan dimana saja dan keperluan saja, termasuk di Kemenkumham,” terangnya.

Mantan Wadir Narkoba Polda Sultra ini juga menambahkan, peningkatan status penyelidikan ke penyidikan bakal ditentukan jika pihaknya telah mendapatkan bukti bahwa KTP tersebut telah digunakan.

“Makanya kita mau selidiki dulu ini, apakah KTP itu sudah digunakan atau belum. Kalau sudah digunakan, baru kita akan pertimbangkan selanjutnya untuk peningkatan statsus kasus ini dari lidik ke sidik,” jelas Aries.

Baca Juga :  Kapolda Sultra Perintahkan Personelnya Selidiki Mafia Pembuat KTP Palsu Mr Wang

Diberitakan sebelumnya, terbongkarnya KTP milik Mr Wang yang palsu terungkap saat anggotaBabinsa Kecamatan Motui melakukan pemeriksaan rutin warga dari luar daerah yang masuk ke perusahaan pertambangan.

Diketahui, Mr Wang lahir di Provinsi Shanxi, China, tahun 1964. Dia merubah indentitas diri sebagai Wawan Saputra Razak tinggal di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Pelaku menikawi perempuan asli Kota Kendari bernama Nurniati. (SN)

 

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id