Buton UtaraKesehatan

Pemda Butur Siapkan Tempat Isolasi Mandiri Untuk Atasi Corona

Buton Utara – Pemerintah Daerah Buton Utara (Butur), sedang menyiapkan Rumah Sehat Dedikasi (RSD) yang berfungsi sebagai lokasi isolasi mandiri untuk percepatan penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Butur, Jumat (10/4/2020).

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, pusat isolasi mandiri itu ditempatkan di Gedung Sarana Olahraga (SOR), diperuntukan bagi warga yang baru saja melakukan perjalanan dari daerah zona merah.

“Semua Camat kita sudah perintahkan untuk mencarikan tempat isolasi, jadi kalau ada warga yang baru pulang langsung diarahkan ke tempat karantina dan itu sesuai tugasnya jika warga dari Kecamatan Kulisusu maka yang akan bertanggung jawab yaitu Camat Kulisusu” ujar Abu Hasan.

Menurut Abu Hasan, warga yang menjalani isolasi mandiri akan memperhatikan berbagai aspek kebutuhan seperti bahan pangan dan kesehatan.

“kita harus pastikan selain semuanya tidak hanya tempat isolasi dan konsumsinya tapi juga kita akas terus perhatikan kondisi kesehatanya dan tidak boleh dulu berdekatan dengan keluarganya,” ucapnya.

Camat Kulisusu, Rusman, menerangkan akan melakukan pengawasan ketat dengan mengingatkan warga yang baru datang dari luar daerah Butur untuk wajib lapor selama pandemi corona.

“Kami berkonsultasi terus agar melaporkan jika ada warganya yang datang dari perantauan atau luar daerah maka laporakn dan kami akan menindaklanjuti sesuai tindakan pemerintah,” kata Rusman.

Dia menyebutkan warga yang menjalani isolasi mandiri di gedung SOR akan terus mendapat pengawasan dan pemeriksaan kesehatan oleh dinas terkait yang telah bekerja sama.

“Insya Allah semua kebutuhan  termaksu makan minum dan air bersih di tanggung Pemerintah Kecamatan,” jelasnya. (B)

Laporan. Shun Waode

Editor. Yayan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id