Buton UtaraEkonomi

Pemda Butur Sosialisasikan Sensus Penduduk Online

Buton Utara – Pemerintah Daerah Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, mulai mensosialisasikan sensus data penduduk secara online, Selasa (18/2/2020).

Sodialisasi sensus online digelar di Aula Bappeda Butur yang dihadiri oleh pada pejabat Pemda, Forkompinda dan peserta sensus.

Selain online, metode sensus secara manual manual turut disosialisasikan oleh Pemda Butur.

Advertisement

“Sensus Penduduk 2020 merupakan sensus Ke-7 secara nasional, dan berbeda dengan tahun sebelumnya pada BPS ini menerapkan metode kombinasi¬† yang menggunakan data Dukcapil sebagai basis data dasar penduduk(pre-list) dalam pelaksanaanya,” ujar Bupati Butur, Abu Hasan dalam sambutannya, Selasa (18/2/2020).

Dia berharap masyarakat dihimbau untuk pro aktiv pada proses sensus online tersebut. Tidak terkecuali para petugasnya juga diminta untuk aktiv melakukan sensus.

“Angka angka sensus itu bukan sekedar angka untuk mengumpulkan jumlah orang dengan segala atributnya, tetapi angka angka itu kita butuhkan untuk efaluasi pembangunan, dan untuk pembangunan indikator yang ada didaerah,” kata Abu Hasan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Butur, Burhanuddin, mengatakan sensus penduduk 2020, bertujuan untuk mendorong keaktivan masyarakat dalam pemanfaatan kemajuan tehnologi.

“Kalau untuk metode itu kita akan permudah, cukup buka websitenya sensus.bps.co.id itu akan langsung keluar dan kita langsung mengisi diri dengan menggunakan NIK dan Kartu Keluarga. Untuk daerah terpencil yang terkendala jaringan akan dilakukan sensus secara manual oleh petugas,” ucap Burhanudin.

Diketahui, sensus penduduk 2020 memiliki dua cara yaitu, sensus penduduk melalui Online yang dilaksanakan dari 15 Februari -31 Maret 2020, dan sensus penduduk wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Laporan. Shun Waode
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id