Pemkab Koltim Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Abdul Azis: Gerakan Perjuangan yang Bersifat Kedaerahan Menjadi Satu Barisan Utuh

waktu baca 2 menit
Plt Bupati Koltim Abdul Azis, saat menjadi inspektur upacara.

KOLAKA TIMUR – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur gelar upacara memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 tahun di pelataran Rujab Bupati, Senin (22/05/2023).

Melansir dari Kominfo.go.id Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 merupakan momentum untuk mempertahankan sekaligus mengobarkan semangat kebangkitan nasional.

Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD menyatakan hal itu menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan kemajuan bangsa.

“Dengan tema Harkitnas ke-115 tahun 2023 yaitu “Semangat untuk Bangkit”, kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” ujarnya dalam sambutan Upacara Peringatan ke-115 Harkitnas di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/05/2023).

Sementara itu Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis menyampaikan bahwa, seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

“Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908,” ucapnya.

Azis menambahkan sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Azia juga menjelaskan Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional.

“Yakni Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa, serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelasnya.

Lanjut Azis, barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

Baca Juga :  Pj Bupati Harmin Ramba Dampingi Pj Gubernur Panen Raya di SMKN PP 5 Konawe

“Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kolaka Timur Andi MuH. Iqbal Tongasa, S. Stp , M. Si, Kapolres Kolaka Timur , Dandim 1412 Kolaka , Opd, Staf Ahli, Asisten , para Camat , ASN lingkup Pemda Koltim dan para tamu undangan yang sempat hadir.

SN