Rekomendasi Buat Kamu yang Ingin Berwisata di Kabupaten Kolaka Timur, Berikut Pilihannya

waktu baca 5 menit
Air terjun Titian Asosowu

KOLAKA TIMUR – Sektor Pariwisata merupakan sektor yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain untuk memanjakan mata, sektor Pariwisata juga sebagai tempat refreshing dan menghilangkan beban fikiran.

Menikmati indahnya obyek wisata alam merupakan suatu kebahagian tersendiri buat kita.

Kolaka Timur memiliki kekayaan alam yang begitu mempesona dan juga pemandangan alam yang kaya. Sangat disayangkan jika tidak mengunjungi dan melihat sendiri keindahan yang dimilikinya saat sedang berada di Kolaka Timur.

Selain itu, Kolaka Timur menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang tidak bisa dieksplor dengan satu atau dua hari karena menyimpan beragam destinasi wisata yang memukau.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kolaka Timur (Koltim) Soelwan Sovian mengatakan, potensi destinasi wisata di wilayah tersebut cukup banyak.

Namun dibutuhkan beberapa hal dalam meningkatkan destinasi tersebut, baik secara organisasi, administrasi, pendanaan maupun dukungan dari masyarakat.

“Potensi destinasi pariwisata di Kabupaten Kolaka Timur luar biasa banyak, tinggal pemahaman seluruh stakeholder dan masyarakat dalam memberdayakannya,” kata Soelwan.

Air terjun tetewa

Bagi wisatawan yang ingin liburan panjang, sebaiknya mengunjungi beberapa rekomendasi tempat wisata yang indah dan menarik yang ada di Kolaka Timur.

Disini kami akan mengulas beberapa rekomendasi Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Timur.

1. Air Terjun Tetewa
Air Terjun Tetewa merupakan salah satu Destinasi Wisata air yang dimiliki Kabupaten Kolaka Timur. Air Terjun ini sangat indah dan memanjakan mata para wisatawan yang ingin liburan.

Bagaimana tidak, air Terjun seribu ini sangat sering dikunjungi ketika weekend oleh para wisatawan. Untuk ke air Terjun ini, kita bisa menempuh waktu 3 jam dari Kecamatan Mowewe.

Walau akses yang masih kurang memadai, namun ketika tiba di Destinasi ini, semua penat dan rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan Air Terjun Tetewa.

Baca Juga :  Konawe "Kota Padi" Harmin Ramba Bakal Membagi Tiga Klaster Wilayah Pertumbuhan Ekonomi

2. Air Terjun Titian Asosowu
Destinasi wisata air terjun Titian Asosowu memliki keunikan tersendiri dimana air terjun yang tak terhingga banyaknya disepanjang aliran sungai dan di dalamnya terdapat hutan yang terpelihara keasriannya.

Lokasi air terjun ini berada ditengah hutan tepatnya di Puncak Latopa. Jika dari jalan poros menuju kantor Desa Likuwalanapo, kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km dengan menuruni tebing.

Puncak Sorombipi

Air terjun Titian Asosowu merupakan air terjun yang berasal dari danau yang masuk ke dalam tanah lalu muncul di hulu sungai Titian Asosowu ini.

Ada banyak keindahan yang akan membuat wisatawan menjadi betah. Bentuk air terjun ini melebar dan bertingkat. Bentuk ini memberi satu pemandangan langka yang juga jarang didapatkan di air terjun lainnya. Tak hanya itu, karena ada di sebuah hutan suaka alam, ada banyak satwa yang juga masih sangat alami

Panjang air Terjun ini sekitar 20 KM. Jarak menuju Air Terjun ini dari pusat Kota sekitar 4 jam dan melewati Kecamatan Mowewe. Air Terjun ini tak terlalu jauh dengan Air Terjun Tetewa yang ada di Ueesi.

3. Goa Sorongga
Goa Sorongga ini terletak di pegunungan Desa Likuwalanapo, jarak yang ditempuh untuk bisa masuk ke sini berkisar 20 menit dengan berjalan kaki dari jalan poros desa menuju ke pegunungan dengan menyusuri tebing.

Daya tarik yang diberikan Gua Sorongga sungguh unik untuk kita datangi. Di sekitar gua terdapat banyak peti mati yang terbuat dari kayu yang sudah ada sejak dahulu, di bagian dalam akan dijumpai tengkorak dan tulang belulang manusia yang telah lapuk dimakan usia.

Gua ini dulunya dijadikan sebuah makam oleh penduduk asli desa, kuburan gua ini hampir mirip dengan kuburan yang berada di Tanah Toraja.

Baca Juga :  Pembukaan HUT Konawe Ditandai Pemukulan Gong Delapan Kali, Harmin Ramba: Angka Keberuntungan Saya

4. Puncak Sorombipi
Puncak Sorombipi merupakan Destinasi Wisata pengunungan yang terletak di Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur.

Destinasi ini banyak dikunjungi para Wisatawan karena keindahan pengunungan dan pemandanannya yang begitu indah dan mampu memanjakan mata.

Puncak Sorombipi juga menyiapkan berbagai macam spot foto yang bisa digunakan para wisatawan untuk mengabadikan momen.

Namun saat ini puncak Sorombipi dalam tahap pembenahan agar terlihat lebih indah dan bagus. Destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dari pusat Kota Kolaka Timur, tepatnya berada di Belakang Kantor Bupati Kabupaten Kolaka Timur.

Bendungan Ladongi

5. Puncak Alamo
Puncak Alamo merupakan Destinasi Wisata pengunungan di Kecamatan Lalolae Kabupaten Kolaka Timur.

Destinasi ini menawarkan pemandangan yang begitu indah. Banyak wisatawan yang sering mengunjugi Destinasi ini dikarenakan akses nya juga yang terjangkau.

Destinasi ini juga sering digunakan wisatawan untuk camp dan acara musik. Disini juga menyiapkan berbagai macam spot foto dan disiapkan pula Kasebo untuk istirahat para wisatawan. Wisata ini bisa ditempuh dari ibu Kota Kabupaten dengan waktu 30 menit.

6. Bendungan Ladongi
Bendungan Ladongi adalah Destinasi Wisata yang ada di Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur.

Wisata bendungan Ladongi ini diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo beberapa tahun lalu.

Bendungan Ladongi banyak dikunjungi masyarakat karena pemandangan nya yang begitu indah serta bagus untuk berswafoto dan mengabadikan momen indah bersama keluarga, sahabat, pacar, maupun teman.

Bendungan Ladongi tidak terlalu jauh dari pusat ibu Kota Kolaka Timur jaraknya hanya sekitar 20 Menit dari Kecamatan Tirawuta dan akses kesanapun sangat bagus, apalagi jalannya sudah diperbaiki.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kolaka Timur, Nyoman Abdi menuturkan pemberdayaan tempat wisata di kabupaten Kolaka Timur saat ini menjadi perioritas untuk Pemkab.

Baca Juga :  Empat SKPD Bentukan Pemda Konawe Segera Dibahas Diparlemen

“Saat ini Pemkab Kolaka Timur telah memperbaiki dan selalu mengekspose wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Timur,” ungkapnya.

SN