Pemda Konawe Bantu Bulog Salurkan Seribu ton beras ke sulut

waktu baca 4 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Membuka Sambutan Saat Pelepasan Beras

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melepas seribu ton beras untuk disalurkan ke Sulawesi Utara (Sulut) sebagai bentuk penjamin ketahanan pangan seluruh Indonesia.

Pelepasan seribu ton beras tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang di dampingi Kepala Bulog Konawe, Yusran Yunus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muhammad Nur Akbar.

Penyerahan Beras Bulog Secara Simbolis Oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

Pelepasan beras tersebut dilakukan di Kantor Gudang Bulog Konawe, Kelurahan Tobeu, Kecamatan Unaaha pada, kabupaten Konawe, pada Senin (24/5/2021).

Dalam sambutannya Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa  mengatakan hal ini dilakukan Pemkab Konawe sebagai bentuk dalam mengatasi membludaknya hasil panen padi pada petani Konawe.

Kery Saiful Konggoasa yang akrab dipanggil KSK menuturkan sebagai pemerintah, ia akan mengupayakan pembelian harga gabah panen basah itu dapat mencapai 4000 sampai 5000 rupiah  agar petani di Konawe juga dapat sejahtera.

Demikian, terkait  harga beli gabah yang mencapai Rp 3000, Bupati Konawe yang akrab di sapa KSK menjelaskan hal itu kemungkinan besar permainan dari pihak makelar yang memanfaatkan situasi, karena pihak Bulog membeli gabah kering giling itu mencapai Rp 5200 dan saat ini pihak Bulog telah kelebihan stok sehingga pembelian dilakukan secara antri untuk sementara waktu.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

Namun ia mengakui telah berkomunikasi dengan beberapa orang dari petinggi Universitas Haluoleo termasuk Komisi IV DPRD Konawe dan Dinas terkait untuk mencari solusi dari permasalahan yang dialami petani Konawe terkait harga gabah yang semakin rendah.

“Jika Alsintan tidak terlalu penting, maka pangkas anggaran Alsintan saja untuk pembelian harga gabah karena itu lebih bermanfaat bagi petani,” tegasnya.

Di sisi lain pula, penyaluran beras di Sulut, ia menjelaskan bahwa, hal itu adalah langkah awal dalam penyaluran stok beras Bulog yang telah melebihi kapasitas tampung gudang Bulog yang hanya dapat menampung sebanyak 17 sampai 18 ribu ton gabah kering giling.

Baca Juga :  Pj Bupati Konawe Terima Penghargaan Serta Dapat Insentif Rp 29 M

“Saya baru tahu tadi kalau hasil panen petani kali ini telah mencapai 200.000 ton dan yang dapat dilayani Bulog itu hanya mencapai 17 sampai 18 ribu ton gabah,” terangnya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Saat Pengecekan Persiapan Beras Bulog Yang Akan di Kirim

Lanjut nya, ia juga sebelumnya telah memantau di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, menurutnya masih ada beberapa yang kekurangan stok beras. Ia juga telah berkomunikasi ke PT Virtue Dragon Nickel Industry agar mengambil beras di Bulog Konawe.

“Saya telah berkoordinasi dengan pihak PT VDNI untuk mengambil beras di Bulog Konawe dan itu di iyakan, dan saya berharap pihak Bulog memberi catatan harga beras yang ada,” pungkasnya.

Selanjutnya, Kepala Bulog Konawe, Yusran Yunus mengatakan sejak April 2021 pengadaan stok beras itu sangat banyak bahkan antrian mencapai 30 mobil sehingga pihak Bulog telah mengarahkan sebagian stok berasnya ke gudang terdekat yaitu di gudang Bulog Kendari, di gudang Kolaka Timur bahkan sampai di Gudang Kolaka.

Dihadapan Bupati Konawe, Yusran juga menjelaskan, penyaluran dari hasil pembelian beras petani Konawe itu hanya 10% saja yang digunakan untuk program penyaluran daerah setempat baik untuk bencana alam  maupun untuk operasi pasar sedangkan 90% nya itu didistribusikan keluar dari kabupaten Konawe.

“Untuk tahun ini masih banyak stok beras yang biasanya di kirim oleh gudang Bulog itu masih banyak tersimpan karena penyaluran stok beras Bulog itu belum ada yang rutin dan pasti,” ungkap Yusran.

Namun dirinya mengakui kalau penyaluran seribu ton beras di Sulut itu tidak terlepas dari peran Pemkab Konawe membantu Bulog mengintegrasikan kebijakan dari hulu ke hilir.

Pihak Bulog juga merasa terbantu atas program pemerintah dalam pengadaan beras Aparatur Sipil Negara (ASN), penyaluran beras sembako, dan pendistribusian beras di PT VDNI, serta perusahaan sawit.

Baca Juga :  KSK Dinobatkan Sebagai eks Pemimpin Berkinerja Tinggi

“Bulog Pusat sangat mengapresiasi program Pemkab Konawe atas kebijakan penyaluran beras ke hulu dan hilir,” tutupnya.

Usai mendengarkan penjelasan Kepala Bulog Konawe, Bupati Konawe secara resmi melepas kendaraan penyalur seribu ton beras ke Sulut. (SN)