KonaweNewsPemerintahanWarta Desa

Pemkab Konawe Gelar Aksi Damai dan Penandatanganan Integritas Pilkades

KONAWE — Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar Aksi Damai dan Penandatanganan Integritas Pilkades.

Kegiatan tersebut digelar di Pelataran Kantor Pemkab Konawe, Senin (24/10/2022) yang dihadiri langsung oleh, Bupati Kery Saiful Konggoasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Ferdinand Sapan, Ketua DPRD Konawe, Ardin, Jajaran Forum Koordinasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe.

Aksi Damai dan Penandatanganan Integritas Pilkades diikuti langsung oleh 468 calon Kepala Desa (Kades) dari 168 di 27 kecamatan.

Advertisement

Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap yang akan melakukan pemilihan sebanyak 69.625 wajib pilih.

Tujuan digelarnya Aksi Damai dan Penandatanganan Integritas dalam Pilkades 2022 tak lain terciptanya pemilihan yang lancar, damai, kondusif dan demokratis.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, dalam sambutannya mengatakan, tanggung jawab dan komitmen untuk mencapai suksesnya Pilkades yang digelar secara serentak ada di semua pihak baik itu Pemerintah, Panitia penyelenggara, Badan Pendamping Desa (BPD), Instansi terkait, serta calon Kades.

Bupati dua periode di Konawe itu juga menegaskan, dalam Pilkades yang dalam waktu dekat akan dilakukan agar setiap penyelenggara maupun calon Kades agar tetap patuh terhadap peraturan yang berlaku baik itu peraturan perundang-undangan, Peraturan Bupati, peraturan daerah ataupun peraturan lainnya.

“Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka pemilihan yang bersifat langsung, bebas, rahasia serta jujur dan adil,” tutur pria yang akrab disapa KSK.

Lanjut Bupati, hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan kepala desa yang berkualitas, integritas, serta mempunyai komitmen dalam memajukan desa sesuai dengan harapan masyarakat yang hendak dicapai untuk enam tahun ke depan.

Selain itu, Kery juga berpesan, tahapan Pilkades yang digelar secara serentak di Kabupaten konawe harus menjunjung tinggi sportifitas demokrasi.

“Saya berharap kepada panitia pemilihan dalam melaksanakan tugas harus menjunjung tinggi netralitas dan independensi serta senantiasa memegang teguh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Masih kata KSK, untuk seluruh calon Kades yang merupakan putra dan putri terbaik di desa masing-masing agar senantiasa menjaga kondusifitas.

“Jangan ajang Pilkades dijadikan pemecah pemersatu. Tapi manfaatkan Pilkades ini sebagai pemersatu perbedaan,” tandasnya.

Setelah sambutan dari Bupati Konawe, acara ditutup dengan penandatanganan Aksi Daman dan Integritas Siap menang dan Siap Kalah oleh seluruh calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades secara serentak tahun 2022.

SN

Back to top button