Buton UtaraEkonomi

Perdana, Pemda Butur Sukses Ekspor Kopra Putih ke China

Buton Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, untuk pertama kalinya mengekspor kopra putih sebanyak 11 ton ke negara China, Minggu (10/5/2020).

Melalui kerja sama dengan PT INACOM, Pemda Butur berhasil mengekspor hasil bumi berupa kopra putih ke negara tirai bambu tersebut.

Bupati Butur, Abu Hasan, mengatakan pihaknya tidak main-main dalam mempromosikan penjualan hasil bumi yang ada di daerahnya. Sebab, hal itu dilakukannya tidak hanya pada skala nasional tetapi sudah sampai ke manca negara.

Advertisement

“Hari ini koprah putih kita expor dalam fase pertama dan ini tidak bermain dilokal maupun nasional saja tapi ini sudah bermain di internasional. Melalui PT INACOM yang memiliki jaringan pasar internasional dan bekerja sama dengan Kabupaten Butur dan ini yang membantu kita memasarkan koprah putih ini ke mancanegara,” ujar Abu Hasan, Minggu (10/5/2020).

Selain ke China, la njut Abu Hasan, kopra putih tersebut juga akan dieskpor ke negara Bangladesh. Untuk memenuhi kebutuhan ekspor, ia bahkan menarget akan memproduksi 100 ton kopra putih.

“Kopra putih yang 11 Ton ini Kita akan expor ke Cina, dan ada juga yang kita akan kirim ke Banglades, India dan beberapa negara lainya. Dan target kita disetiap tahunya akan memprodukso sebanyak 100 ton karna untuk memenuhi kebutuhan,” ucapnya.

Abu Hasan menyebut keberhasilannya mengeskpor kopra putih tidak lepas dari bantuan dan kerja keras dari berbagai pihak yang mendukung dalam peningkatan produksi hasil bumi di Butur.

“Sebelumnya kita sudah berhasil memrpomosikan hasil produksi pangan beras, sekarang non beras yang tentu sudah membawa dampak positif nama daerah Butur. Kita baru memulainya, masih membutukan kerja keras, langkah langkah bagi masa yang akan datang dan masih membutukan dukungan dari semua pihak,” pungkasnya. (B)

Laporan. Shun Waode

Editor. Yayan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id