AdvetorialButon UtaraPemerintahanSeremoni

Peringati HUT Butur ke-14, Ketua DPRD Minta Bupati Perhatikan Banjir di Tiga Kecamatan

BUTON UTARA – Guna mewujudkan pemerintah yang baik dan pemerintah yang bersih, Dihari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buton Utara (Butur), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Butur, yang bertindak sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan di daerah tersebut, maka senantiasa berupaya untuk melaksanakan tugas, dan fungsinya dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika pemerintahan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Butur Diwan, S.Pd dalam pidatonya, saat membuka Rapat Paripurna HUT Butur yang ke 14 Tahun, di Aula Kantor DPRD Butur, Kelurahan Sara’ea, Kecamatan Kulisusu, Kamis (1/7/2021).

Kata Diwan, HUT Butur saat ini memiliki historis bagi masyarakat Kabupaten Butur, guna mengenang sejarah pembentukan Kabupaten Butur Untuk mengambil hikamah dari apa yang telah dilakukan oleh pendahulu.

Melalui momentuk kali ini, saya mengajak segenap pemerintah Kabupaten Butur, serta masyarakat, untuk bersama-sama mengenang jasa-jasa pahlawan pendahulu kita, yang telah berjuang hingga terbentuknya Kabupaten Butur ini,” ajak Diwan melalui pidatonya, Kamis (1/7/2021).

Peringati HUT Butur ke-14, Ketua DPRD Minta Bupati Perhatikan Banjir di Tiga Kecamatan
Suasana Rapat Paripurna, dala memperingati HUT Butur yang ke-14 Tahun, di Aula Kantor DPRD Butur, Kamis (1/7/2021). Foto : Al Iwal/Sultranews

Kabupaten Butur, lanjut Diwan, dalam kurung waktu 1 Tahun 9 Bulan keanggotaan DPRD Butur periode 2019-2024 bersama Pemerintah Daerah Butur telah menghasilkan atau membentuk 4 Peraturan Daerah (Perda).

Di tahun 2021 ini, DPRD Butur akan mengadakan lagi pembahasan atas 12 rancangan peraturan daerah yang telah diharmonisasi oleh badan pembentukan peraturan daerah DPRD Butur bersama Pemda Butur, dimana dari 12 Rancangan Perda terdiri dari 4 rancangan Perda inisiatif DPRD dan 8 rancangan Perda yang berasal dari unsur Pemda Butur.

“Tugas pokok dan fungsinya DPRD yang telah dilaksanakan antara lain fungsi badan pembentukan Perda, fungsi badan Perda yaitu DPRD bersama daerah-daerah, telah membahas dan menetapkan berbagai Perda untuk lebih meningkatkan kualitas dan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Peringati HUT Butur ke-14, Ketua DPRD Minta Bupati Perhatikan Banjir di Tiga Kecamatan
Sambutan Ketua DPRD Butur Diwan, S.Pd, pada kegiatan Rapat Paripurna HUT Butur yang ke-14 tahun. Foto : Al Iwal/Sultranews

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Ketua DPRD Butur menitip pesan kepada Pemda Butur terkhusus kepada Bupati Butur, agar persoalan atau masalah saat ini segera ditindak lanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

Salah satunya Diwan menyebut masalah banjir yang terjadi dibeberapa Desa di Kecamatan Bonegunu, Kecamatan Kambowa, dan Kecamatan Wakorumba. Selanjutnya perbaikan jalan serta fungsi anggaran agar senantiasa diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

“ada tiga masalah yang urgent yang harus diperhatikan oleh Bupati. Kami di DPRD akan selalu membantu demi kemajuan Butur itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Butur Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si, dalam sidang paripurna istimewa itu juga menyampaikan bahwa, pemerintah akan selalu berupaya untuk sejalan dengan strategi dan kebijakan yang telah dibuat dalam rancangan RPJMD Kabupaten Butur.

Sebab kita ketahui bersama Pemerintah telah menetapkan tema pembangunan setiap tahunnya pada tahun 2022 mendatang. Tema tersebut, kata Ridwan adalah “pembangunan peningkatan kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural”.

Malalui tema tersebut, saat ini pemerintah akan senantiasa bersinergi dengan DPRD, Guna mewujudkan tema tersebut,” kata Ridwan, dihadapan Ketua DPRD dan Anggootanya, serta seluruh OPD dan masyarakat yang hadie dalam rapat tersebut.

Sambutan Bupati Butur Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si, pada kegiatan Rapat Paripurna HUT Butur yang ke-14 tahun. Foto : Al Iwal/Sultranews

Selain itu, lanjut Ridwan, saat ini dirinya bersam wakilnya sedang mengikuti proses pembekalan kepemimpinan dan sedang menyusun rencana pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kapasitas SDM di Kabupaten Buton Utara.

“Harapan kami sebagai pemerintah adalah mengambil langkah-langkah tepat, yang dapat terus menumbuhkan daya saing daerah. Oleh karenanya, pada momentum HUT Butur Tahun ini, mengangkat tema mengangangkat tema, “meningkatkan daya saing masyarakat yang maju adil dan sejahtera,” ungkapnya.

Tak lupa pula Ridwan menyampaikan pesannya pada HUT Butur yang ke 14 tahun Butur sebagai tahun persatuan dan kerja nyata.

“Tidak ada lagi sifat-sifat politik, tidak ada lagi kelompok-kelompok pendukung. Saatnya kita bersatu membangun daerah yang kita cintai ini, bekerja sama membangun daerah,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam sidang paripurna itu turut hadir seluruh Anggota DPRD, Wakil Bupati Butur Ahali, S.H., M.H, Pj Sekda Butur Dra. Yuni Nurmalawati, M. Si, Kapolres Butur, Dandim 1429, Camat se-Kabupaten Butur beserta Lurah-Lurah, dan OPD se-Kabupaten Butur.

Laporan : Al Iwal

Editor : Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id