Pertamina Pastikan Stok Solar Subsidi di Sulseltra Aman, Warga Tak Perlu Khawatir

waktu baca 2 menit
Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina, Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan, (Foto. Istimewa)

Kendari – PT Pertamina memastikan bahwa stok solar subsidi untuk wilayah Sulawesi Selatan – Sulawesi Tenggara (Sulseltra) masih aman di tahun 2019. Untuk itu, Pertamina mengimbau masyarakat tak perlu khawatir.

“Stok solar subsidi di 2019 sampai saat ini masih tersedia dan masih aman,” jelas Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina, Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan, Senin (18/11).

Hatim menjelaskan, sampai dengan bulan Oktober 2019, realisasi solar subsidi ke wilayah Sulseltra mencapai 548 juta liter, dan dipastikan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Jadi, kami harapkan masyarakat tenang dan tidak usah khawatir. Mengisilah secara bijaksana dan sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Sejak Jumat 15 Oktober 2019, lanjut Hatim, Pertamina MOR VII Branch Sulseltra telah menyalurkan sekitar 1,5 juta liter solar subsidi per harinya ke 259 SPBU di wilayah tersebut.

Namun, karena ada antrian dan lonjakan permintaan masyarakat disejumlah SPBU. Pertamina sudah menambah penyaluran solar sebanyak 17,3 persen di wilayah Sulseltra, atau menjadi sebanyak 1,8 juta liter per harinya.

Tidak hanya itu, Pertamina juga telah menambah ritase armada pengangkut BBM ke SPBU di wilayah Sulseltra.

Hatim tak membantah jika saat ini masih ada pengisian solar sunsidi oleh pihak-pihak yang tidak sesuai Perpres 191 tahun 2014, dan tindakan itu, menurut Hatim, sulit dicegah.

Hatim menjelaskan, dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa kendaraan pengangkutan hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam buah, tidak diperbolehkan menggunakan solar subsidi.

Olehnya itu, Hatim mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengkonsumsi solar sesuai peruntukannya dan jangan menyalahgunakan solar subsidi.

Laporan : Wayan Sukanta