KonaweKriminalPendidikan

Polres Konawe Sosialisasi Bahaya Narkoba Ditingkat Pelajar

sultranews.net – Dalam rangka melakukan pencegahan narkoba, dan menghindari narkoba sedini mungkin di wilayah kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Polres Konawe menggelar kegiatan penyuluhan narkoba di Sekolah Tingkat Pertama (SMP) se Konawe.

Hal itu dimaksudkan agar anak-anak di usia dini, khususnya di tingkat SMP lebih memahami apa yang dimaksud dengan “Narkoba”. Sebab narkoba itu, sangat membahayakan bagi semua orang yang menggunakanya.

Kaorbin Ops Bimas Polres Konawe Ipda Usman, didampingi Bintibmas Polres Konawe Ipda Agus Salim M. Tahir, S.Sos., MM menjelaskan, tujuan utamanya dilakukan penyuluhan narkoba di tingkat SMPN adalah untuk mencegah generasi muda agar tidak terjerumus didalam penggunaan narkoba.

Maka dari itu pihak Polres Konawe, melallui Sat Bimas Polres Konawe menggadakan sosisalisasi penyuluhan narkoba keseluruh sekolah-sekolah, mulai SD SMP dan SMA.

“Hari ini adalah kesempatan pertama kami dari Sat Bimas Polres Konawe untuk melakukan sosialisasi penyuluhan narkoba di SMPN 1 Unaaha ini, Sekaligus perdana kami melakukan penyuluhan di tingkat SMP,” jelas Usman kepada sultranews.net Kamis (4/7/2019).

Selain itu, kata Usman, yang paling utama adalah memberikan penerangan dan pemahaman kepada siswa yang baru memasuki SMP. Agar mereka tidak menggunakan atau memakai narkoba. Apalagi sekarang yang lagi ngetren.

“Saat ini yang lagi ngetren di kalangan anak-anak jaman sekarang adalah Ngelem Fox dan Mbumbul,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap, mudah-mudahan dengan apa yang mereka lakukan terhadap siswa-siswa tersebut dapat memahami dan bermanfaat bagi mereka. Yang utamanya kepada siswa yang baru masuk SMP.

“Kami menghimbau kepada orang tua siswa di rumah, dan guru-guru di sekolah, agar betul-betul menjaga dan mengontrol anak-anaknya. Jangan sampai ada yang terlibat, atau mencoba-coba untuk memakai yang namanya narkoba,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Unaaha H. Djamaluddin, S.Pd, mengucapkan rasa terimakasih kepada Polres Konawe, yang telah memberikan program penyuluhan untuk siswa di sekolah kami. Dengan adanya kegiatan ini, maka kami dari pihak sekolah akan lebih meningkatkan kedisiplinan terhadap para siswa, demi untuk mencegah terjadinya penyalagunaan narkoba tersebut.

Sebab menurut Djamaluddin, tahap dasar dilaksanakanya program penyuluhan itu sangat penting. Sehingga program tersebut kemungkinan akan berhasil, jika dari sekolah bekerja sama dengan Polres Konawe dalam memberantas sedini mungkin penyalahgunaan narkoba.

“Saya sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya program kerjasama ini, maka kami dari pihak sekolah akan merasa lebih nyaman, karena sudah ada tempat untuk bertanya, dan berlindung. Kalau toh ada siswa kami yang bermasalah, ya tinggal kita komunikasikan dengan pihak kepolisian,” tuturnya.

Reporter : Bojes

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id