Proyek Pengaspalan di Abuki Terus Tergerus Rusak, Warga Minta Evaluasi PT EAP

waktu baca 2 menit
Nampak kontraktor PT EAP sementara melakukan pengerjaan perbaikan aspal yang rusak. Foto: Sultranews.co.id

KONAWE, Sultranews.co.id – Proyek pengaspalan jalan poros Mataiwoi-Abuki yang menelan anggaran kurang lebih Rp 18 miliyar dengan panjang 4.5 kilometer dari Desa Arubia Jaya hingga di Desa Epeea, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus tergerus atau mengalami kerusakan.

Diketahui, proyek pengaspalan dikerjakan oleh PT Elfatih Arsa Putra (EAP). Pantauan awak media, titik jalan yang mengalami kerusakan semakin banyak dan bertambah parah.

Nampak kontraktor PT EAP sementara melakukan pengerjaan perbaikan aspal yang rusak. Foto: Sultranews.co.id

Nunung, yang merupakan warga di desa Walay mengatakan belum setahun pekerjaan pengaspalan tapi sudah banyak tempelan. Bahkan tempelan yang saat ini mereka kerja, juga sudah mulai tergerus dibagian pinggir tempelan.

“Jalan rusak ini dapat ditemui di desa Walay dan desa Epeea, bahkan sudah banyakmi lagi garis-garis yang akan mereka tempel. Satu tahun kemudian, ini jalan penuhmi tempelan,” kesalnya.

Ia menyebutkan pihak SDA dan Bina Marga Provinsi Sultra dan penyedia jasa harus melakukan evaluasi terhadap hasil pekerjaan jalan yang menelan anggaran puluhan miliar tersebut.

Kerusakan jalan aspal

“Tambah banyakmi rusaknya ini jalan, padahal baru dikerja. Sementara samaji di Tongauna tapi disana belum ada lobangnya. Ini pemerintah harus tanggung jawab,” ujarnya.

Hal yang sama datang dari pengguna jalan Ikbal, ia mengungkapkan awalnya saat pertama kali dikerjakan ia sangat bersyukur jalan rusak di Abuki akhirnya dikerjakan, namun hasilnya tidak sesuai harapan.

“Sangat disayangkan, 25 tahun menanti perbaikan jalan namun hasilnya sudah rusak,” sesalnya.

Terpisah pihak Penyedia jasa PT Elfatih Arsa Putra dan pihak Dinas SDA dan Bina Marga Sultra saat dikonfirmasi ihwal informasi ini enggan memberikan jawaban.

Baca Juga :  Dewan Pers Apresiasi PT Vale dalam Fasilitasi Wartawan Mengikuti UKW

Untuk diketahui, jalan poros Mataiwoi-Abuki merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe. Jalan ini juga merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan beberapa kecamatan di wilayah Konawe bagian barat.

Jalan ini terakhir diperbaiki di era kepemimpinan Bupati Kendari H. Abdul Razak Porosi (Almarhum) sekitar 25 tahun yang lalu. Kini jalan tersebut telah diperbaiki dan mendapatkan peningkatan namun sayang belum cukup setahun jalan poros Mataiwoi-Abuki yang dikerjakan oleh PT Elfatih Arsa Putra mulai rusak.

Laporan: Jaspin