BaubauKesehatan

Pulang Dari Thailand, Satu Warga Buton Dirujuk ke RS Bahteramas Diduga Corona

Baubau – Seorang warga asal Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dikabarkan diduga terjangkit virus corona (Covid-19), Minggu (8/3/2020).

Hal itu itu diketahui setelah seorang warga itu mengalami beberapa ciri-ciri yang sama dengan gejala virus corona.

Dokter spesialis penyakit dalam rumah sakit Palagimata, Dr Lukman, mengatakan pasien yang diduga terjangkit virus corona itu telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Sultra pada Minggu pagi (8/3/2020).

Advertisement

“Berdasarkan manifestasi yang muncul dari pasien, mengarahkan kita curiga bahwa ini corona. Karena memenuhi dari tanda-tanda klinis yang ada, seperti demam lebih dari 39, batuk pilek dan mulai mengeluh sesak nafas, di samping itu dia punya riwayat perjalanan. Jadi dia memenuhi dua unsur, gejalanya masuk dan punya faktor resiko. Namun, dalam hal ini kondisi pasien stabil,” ujar Lukman saat menggelar konferensi pers, Minggu (8/3/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr Wahyu, mengungkapkan pasien sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke luar negeri yaitu di Thailand.

“Intinya pasien adalah yang pernah bepergian ke Thailand selama satu minggu, lalu kembali ke Indonesia dan tiba di kampung halamannya,” kata Wahyu.

Dia menerangkan, warga yang diduga terjangkit virus corona itu dirujuk ke RSU Bahteramas untuk mendapat tindakan perawatan medis lebih lanjut.

“Apa yang saya ingin tegaskan adalah, pasien dirujuk untuk tujuan supaya di tau disana, diperiksa di laboratorium apakah dia mengindikasikan penyakit berbahaya atau tidak,” terangnya.

Namun kendati demikian, masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak panik, karena pasien masih dalam status pengawasan pihak medis.

“Masyarakat tidak perlu panik dengan kejadian ini, kita kan masih menunggu konfirmasi. Jadi mohon ini disikapi secara proporsional, bahwa pasien ini dirujuk untuk di observasi dan seterusnya,” himbau Wahyu.

Untuk diketahui, sebelumnya pasien yang diduga terjangkit virus corona sempat dirawat di RS Baubau lalu di rujuk ke RS Palagimata hingga akhirnya dirujuk ke RS Bahteramas Sultra.

Laporan. Ambar Wuri
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button